Insight

Mengenal Centrifuge, Peranti Fungsional yang Biasa Digunakan di Laboratorium

fungsi centrifuge

Dewasa ini kehidupan manusia sudah tidak bisa dilepaskan dari yang namanya alat elektronik. Nah, berbicara mengenai alat elektronik fungsional, Centrifuge merupakan salah satu contohnya. Alat yang tergolong dalam alat kesehatan ini banyak digunakan untuk menyokong berbagai kinerja kesehatan. Nah, dalam uraian dan artikel ini akan dibahas mengenai  jenis, fungsi, kegunaan, manfaat Centrifuge hingga info penting lainnya.

Apa Itu Centrifuge?

manfaat centrifuge

Centrifuge sendiri merupakan salah satu alat elektronik dan mekanik yang diberdayakan untuk berbagai keperluan dan layanan kesehatan. Alat ini memiliki kemampuan untuk mengambil sample darah, urin dan cairan lainnya. Dimana berbagai cairan tersebut nantinya akan diproses untuk mengidentifikasi penyakit sang pasien.

Sesuai dengan uraian singkat mengenai kemampuan dan fungsi dari alat yang satu ini bisa dibayangkan bukan betapa penting dan kompleksnya? Tentu saja banyak layanan kesehatan seperti Rumah Sakit, Laboratorium atau Puskesmas  yang membutuhkan alat yang satu ini.  Nah, tanpa berlama-lama lagi berikut adalah ulasan lengkap bagi yang sudah penasaran mengenai alat yang satu ini. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Fungsi Dasar dan Cara Kerja Centrifuge

Poin pertama dari pembahasan alat yang satu ini adalah mengulas tentang fungsi dasar centrifuge. Cara kerja centrifuge ini cukup unik. Cairan berupa urin, darah, dan lainnya yang diambil dari tubuh pasien kemudian dimasukkan ke dalam tabung. Setelah itu, sample yang ada dalam tabung dimasukkan ke dalam mesin centrifuge untuk diputar dengan kecepatan tinggi sehingga partikel yang lebih berat akan terkumpul ke dasar tabung. Partikel inilah yang digunakan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi gejala, kondisi, dan penyakit yang dimiliki pasien. Menakjubkan bukan?

Kegunaan Centrifuge

Selanjutnya setelah mengetahui tentang fungsi dasar dari alat kesehatan ini maka selanjutnya mari beranjak pada pembahasan kegunaannya.

  • Kegunaannya yang pertama adalah tentu saja mampu mendeteksi berbagai penyakit yang dimiliki seorang pasien.
  • Alat yang dapat menganalisa kondisi tubuh seseorang atau pasien yang berada dalam pengawasan.
  • Untuk memisahkan benda padat yang tidak larut dari cairan yang diambil. Contohnya adalah memisahkan benda padat dari urin, serum atau cairan lainnya menjadi satu molekul dan partikel yang lebih kecil.
  • Alat ini memiliki kegunaan untuk memeriksa Hematokrit (Ht) manusia.

Manfaat Penggunaan Centrifuge

Untuk manfaat dari penggunaan alat yang satu ini tentu saja mampu memberikan hasil analisa yang baik dan konkrit mengenai satu keadaan tubuh. Dimana dalam cairan tubuh pasien bisa dideteksi melalui alat tersebut dengan memecah, memutar dan membagi partikel dalam cairan menjadi lebih kecil. Untuk kemudian diendapkan dan dianalisa hasil endapannya oleh mesin itu sendiri.

Kemudian manfaat lainnya adalah dapat memberikan hasil kerja yang lebih cepat dari pemeriksaan manual dan lebih akurat. Tak perlu diragukan lagi, manfaat centrifuge ini sangat signifikan dalam dunia kesehatan untuk membantu umat manusia.

Keuntungan Penggunaannya

Sesuai manfaat pada poin sebelumnya tentu saja hal ini akan sejalan dengan pembahasan pada poin keuntungan penggunaan Centrifuge di berbagai Rumah Sakit dan Laboratorium, di antaranya:

  • Mampu membantu kerja tenaga medis dengan lebih cepat.
  • Membantu peneliti dalam menganalisa suatu cairan dengan hasil yang akurat.
  • Mampu bekerja dengan cepat namun tetap steril sehingga tidak akan terkontaminasi hal lain yang mengganggu.
  • Perawatan mesinnya sendiri tergolong cukup mudah dan ramah hanya dengan cara membersihkan tabung dari sample.

Jenis-Jenis Centrifuge

fungsi centrifuge

Untuk Centifuge sendiri didesain dan memiliki banyak jenis dengan kemampuan yang berbeda satu sama lainnya, berikut merupakan ke-tiga jenis centrifuge yang tersedia di pasaran:

1. General Purpose Centrifuge

Jenis yang pertama seri General Purpose merupakan model paling umum, standart dan sederhana yang sering digunakan oleh para peneliti dan tenaga medis. Dimana alat ini berkemampuan untuk memisahkan sample  cairan yang sudah diambil untuk dipisahkan antara zat padat dan zat cair yang bisa larut.

2. Micro Centrifuge

Untuk jenis selanjutnya, kita menilik kepada seri Micro. Sesuai jenis namanya, centrifuge yang satu ini memiliki kemampuan untuk memutar microtubes atau tabung micro dengan kisaran volume 0,5-2 ml. Mengenai fungsinya, centrifuge jenis micro ini memiliki kemampuan yang sama yaitu untuk memecah sample cairan dengan hasil cepat dan akurat

3. Speciality Centrifuge

Kemudian, untuk jenis yang ketiga adalah seri Speciality yang digunakan untuk keperluan yang lebih spesifik dan genting. Untuk seri khusus ini, contohnya adalah Microhermatokrit dan Blood bank:

  • Hematokrit Centrifuges: merupakan salah satu variasi dari micro centrifuge yang berfungsi menampung sample kapiler untuk pengukuran volume hematokrit pack cell.
  • Blood Bank Centrifuges: adalah alat yang berfungsi untuk memisahkan sample serologis dan biasa digunakan di bank darah dan serologi.

Centrifuge Kecepatan Tinggi

Satu lagi, merupakan jenis dari centrifuge dilihat dari kecepatan berputar centrifuge tersebut. Berdasarkan kecepatannya, centrifuge ini dibagi ke dalam dua jenis yaitu ultra centrifuge dan refrigerator centrifuge.

  1. Ultra centrifuge, alat ini biasanya digunakan di laboratorium. Jenis yang satu ini memiliki kecepatan berputar  di atas 50.000 rpm dan dilengkapi dengan sistem pendinginan untuk menjaga agar sample tetap dingin selama proses sentrifuges berlangsung.
  2. Refrigerator centrifuge, lain halnya dengan jenis ultra, refrigerator centrifuge memiliki kecepatan berputar  hingga 20.000 rpm. Sama halnya dengan centrifuge yang lain, alat ini juga dilengkapi dengan pendingin untuk menjaga agar sample tetap digin selama proses sentrifuges berlangsung.

Penyedia Centrifuge Terbaik 

Lantas, di mana penyedia barang, supplier atau distributor terpercaya yang dapat dijadikan pilihan? Kami punya solusinya! Distributor, supplier, dan penyedia barang terlengkap untuk Centrifuge bisa Anda dapatkan di website Indotrading. Kami, direktori supplier B2B terbesar se-Indonesia menyediakan berbagai informasi penyedia, supplier, importir, distributor berbagai alat, mesin, bahan kimia berkualitas, termasuk produk Centrifuge. Yuk, segera kunjungi laman Indotrading untuk mendapatkan informasi supplier dari barang yang Anda butuhkan dengan jaminan mutu dan layanan memuaskan.

Baca juga: Amplifier, Benda Ajaib untuk Hasilkan Stereo yang Jernih dan Berkualitas

Itulah beberapa informasi penting mulai dari fungsi,jenis , kegunaan, keuntungan, manfaat Centrifuge yang perlu Anda ketahui, terutama bagi Anda yang bergelut di bidang kesehatan, penelitian, ataupun sedang membutuhkan barang ajaib ini.  Namun sesuai panduan dan uraian diatas bahwa sebelum membeli barang yang satu ini wajib untuk memilih distributor yang tepat agar tidak kecewa, ya!

 

To Top