Insight

Cari Tau Barcode Scanner untuk Usaha Anda dan Rekomendasi Lengkapnya Disini!

Cari Tau Barcode Scanner untuk Usaha Anda Secara Lengkap Disini!

Dalam mengembangkan usaha baik skala kecil ataupun besar, Anda membutuhkan barcode scanner. Barcode scanner adalah mesin yang dapat mendata kode produk. Dengan menggunakan mesin ini dapat memudahkan Anda menginput data barang keluar maupun masuk.

Penggunaannya sangat memudahkan berbagai jenis usaha. Untuk itu pada kesempatan kali ini, Tim Indotrading News akan membahas lebih jauh mengenai barcode scanner dan jenis-jenisnya.

Namun sebelum Anda membaca lebih jauh, Anda dapat menemukan berbagai Barcode Scanner yang dapat memudahkan usaha Anda di Indotrading.

Barcode Scanner Adalah

Barcode scanner adalah alat yang digunakan untuk memindai atau scanning kode pada label yang ada di suatu produk atau benda. Biasanya barcode di scan untuk menampilkan suatu informasi tertentu seperti data, harga, nama, jumlah barang hingga ingredients.

Selain itu alat ini juga berfungsi untuk menginput data dari suatu produk kedalam database yang tersambung. Umumnya barcode scanner digunakan di tempat perbelanjaan seperti minimarket, mall, pergudangan dan sejenisnya.

Cara Kerja Alat Barcode Scanner

Alat scanning yang satu ini mempunyai tiga komponen wajib yang harus terhubung, yakni scanner, kabel penyambung decoder pada komputer, dan decoder. Ketiga komponen tersebut wajib dipasang secara utuh agar barcode scanner dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Setelah dipasang, maka barcode scanner sudah siap untuk memindai dan menangkap kode bar.

Selepas kode di scanning, maka kode bar akan secara otomatis berubah menjadi data elektrik. Data ini berisikan informasi mengenai produk yang telah dilabeli kode bar tersebut.

Di dalam komputer, data elektrik tadi ditampilkan dalam format yang sudah dikehendaki. Sehingga data tidak lagi berupa kombinasi garis dan angka, melainkan berupa data yang sudah dicocokkan.

Jenis Jenis Barcode Scanner 

1. Pen Type Readers

Pen Type Readers barcode scanner

Pen Type Reader  adalah jenis barcode scanner  yang terdiri atas sebuah sumber cahaya dan sebuah fotodioda pada bagian ujung pena. Ujung pena pada pen type inilah yang digunakan untuk memindai kode  yang hendak dipindai dan dibaca. 

Penggunaan barcode scanner yang satu ini digunakan dengan cara digetarkan secara runtut dari ujung kode bar. Pena ini nantinya akan menganalisis intensitas cahaya dari sumber cahaya. Hasilnya sendiri berupa gelombang yang nantinya dikirim ke decoder untuk diubah ke format yang dikehendaki di komputer.

2. Camera Based Barcode Readers

Camera Based Barcode Readers

Camera Based Barcode Readers adalah jenis barcode scanner yang berupa kamera kecil yang menggunakan teknik memproses gambar kala membaca kode bar. Kamera pada barcode scanner ini berjenis kamera video. Cara kerja dari barcode scanner ini adalah setelah kode bar berhasil ditangkap, maka kode bar tersebut akan diolah dengan teknik proses gambar digital agar kode tersebut dapat dipecahkan. Lalu, barulah hasil pemecahan kode yang telah diolah akan dikirimkan ke decoder, dan diproses kembali untuk dikirimkan ke komputer.

3. CCD Scanner Barcode

CCD Scanner Barcode

CCD scanner barcode merupakan jenis barcode scanner yang mengandalkan titik sensor cahaya guna memindai kode bar yang ada. Pada sensor cahaya tersebut, terdapat gelombang yang merupakan bentuk dari reaksi tegangan.

Setelah mengeluarkan gelombang beserta cahaya, CCD scanner barcode ini akan diukur daya pantulannya. Selesai diukur, maka hasilnya langsung dikirimkan ke decoder untuk diproses menjadi format data untuk komputer. 

4. Laser Barcode Scanner

Laser Barcode Scanner merupakan jenis scanning barcode yang paling banyak digunakan untuk sektor usaha. Cara kerja dari laser barcode scanner ini adalah dengan menggeserkan sinar laser dengan seksama ke atas kode bar yang hendak dipindai.

Pada jenis barcode scanner ini juga memanfaatkan sinar laser dijadikan sumber cahaya yang dilindungi oleh cermin prisma atau kaca. Umumnya pemakaian cermin prisma ataupun kaca bolak-balik digunakan untuk memindai laser yang melintasi kode bar.

Rekomendasi Barcode Scanner Terbaik

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis dari barcode yang umum  digunakan, Anda perlu mengetahui brand yang mengeluarkan produk barcode scanner. Dalam memilih produk ini, Anda harus memilih sesuai kebutuhan dan dipilih secara cermat. Mengingat alat ini digunakan untuk mendata barang usaha.

Untuk memudahkan Anda mengetahui barcode scanner terbaik, berikut pembahasannya:

1. Barcode Scanner Honeywell

Honeywell merupakan salah satu brand barcode scanner yang sangat cocok digunakan untuk usaha supermarket, toko ataupun usaha lainnya. Salah satu produk adalah dari Honeywell adalah MK9540-37A38. 

MK9540-37A38 sendiri merupakan barcode scanner keluaran Honeywell yang berbentuk handheld, dan bisa diletakkan di meja. Ketika akan digunakan, Anda tidak perlu menekan tombol untuk scan, tapi langsung otomatis.

Jika Anda tertarik menggunakan MK9540-37A38 ataupun produk Barcode Scanner Honeywell lainnya, Anda dapat menemukannya di Indotrading.

2. Barcode Scanner Zebra

Barcode scanner Zebra merupakan salah satu alat scanning barcode yang banyak digunakan karena harganya yang terjangkau serta mudah digunakan dan awet. Salah satu produk andalan dari barcode scanner zebra adalah LI2208.

LI2208 merupakan jenis scanner laser yang memiliki bentuk yang dinamis, mudah digenggam, dan dapat menginput data barcode dengan cepat. Alat ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan produk masuk atau keluar di toko, minimarket, dan banyak lainnya.

Jika Anda tertarik menggunakan LI2208 ataupun produk Barcode Scanner Zebra lainnya, Anda dapat menemukannya di Indotrading.

3. Barcode Scanner Solution

Solution merupakan brand barcode scanner terbaik yang ada dipasaran saat ini, salah satu produk unggulannya adalah Solution Wireless Scanner Barcode tipe BS-201.

Solution Wireless Scanner Barcode tipe BS-201 ini merupakan barcode scanner yang menggunakan teknologi wireless (tanpa kabel). Sehingga membuat penggunaanya terasa lebih leluasa karena tidak dibatasi oleh kabel. Selain itu, barcode scanner ini diklaim memiliki sensor laser kualitas terbaik. 

Jika Anda tertarik menggunakan Solution Wireless Scanner Barcode tipe BS-201 maupun produk Barcode Scanner Solution lainnya, Anda dapat menemukannya di Indotrading.

Itulah pembahasan lengkap mengenai jenis-jenis barcode scanner, dan rekomendasi barcode scanner terbaik yang bisa Anda pilih untuk kegiatan usaha Anda. Jika Anda membutuhkan Barcode Scanner berkualitas lainnya dari Supplier berkualitas dan terpercaya lainnya di Indotrading.

Baca Juga: Harga Terbaru Vending Machine 2021 dan Cara Perawatannya

 

To Top