Insight

Cari Tahu Jenis-jenis dan Ukuran Kertas HVS Secara Lengkap Disini!

Cari Tahu Jenis-jenis dan Ukuran Kertas HVS Secara Lengkap Disini!

Dalam menyampaikan tulisan dalam bentuk hardcopy atau pembuatan dokumen, dibutuhkan media yang dapat menuangkan tulisan. Salah satu medianya adalah kertas HVS, kertas HVS merupakan jenis kertas yang umum digunakan untuk kebutuhan kantor, pelajar, pembuatan dokumen, dan kegiatan surat menyurat. Ukuran dan jenis kertas HVS pun beragam, sehingga penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Mengingat jenis dan ukuran dari kertah HVS yang beragam, pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas mendalam Kertas HVS.

Namun sebelum membaca lebih jauh, Anda dapat menemukan berbagai pilihan kertas HVS terbaik di Indotrading.

Kertas HVS

Kertas HVS adalah jenis kertas yang terbuat dari bahan kertas dengan lignin. Lignin sendiri merupakan jenis perekat antar serat yang umum ditemukan di pohon. Penggunaan lignin ini dapat membuat kertas lebih awet, sehingga jika kertas disimpan dalam waktu yang lama atau sering terpapar sinar matahari warna dari kertas tidak akan berubah kekuningan.

Jenis-jenis dan Ukuran Kertas HVS

Jenis-jenis dan Ukuran Kertas HVS

Penggunaan kertas HVS dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari usaha bisnis fotokopi, percetakan, ataupun untuk kebutuhan kantor. Dalam perkembangannya, Kertas HVS sendiri terdiri dari 6 ukuran yang berbeda-beda sehingga memiliki harga jual, dan fungsi yang tidak serupa. Untuk memudahkan Anda mengetahui ukuran serta jenis-jenis kertas HVS yang beragam, berikut pembahasannya:

1. Kertas HVS A3

Kertas HVS A3 merupakan jenis HVS yang memiliki ukuran cukup besar. Ukuran dari Kertas HVS ini sendiri adalah 29,7 x 42 cm dengan permukaan licin atau glossy. Umumnya jenis HVS ini digunakan untuk kegiatan digital printing seperti cetak stiker, cetak poster di art carton, dan cetak brosur di art paper.

Jika Anda membutuhkan Kertas HVS A3 untuk keperluan Anda, Anda dapat menemukannya dari Supplier terpercaya di Indotrading.

2. Kertas HVS A4

Anda tentu sudah familiar dengan kertas HVS A4, jenis ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Umumnya digunakan untuk keperluan membuat surat undangan, surat tugas, laporan, tugas sekolah atau kuliah bahkan untuk mencetak skripsi.

Untuk ukurannya sendiri, Kertas HVS ini memiliki ukuran 21 cm x 29,7 cm. Jika Anda membutuhkan Kertas HVS A4 ini, Anda dapat menemukannya dari Supplier terpercaya di Indotrading.

3. Kertas HVS A5

Kertas HVS A5 merupakan jenis HVS yang digunakan untuk pembuatan kertas undangan, buku catatan, hingga menu restoran. Ukuran dari kertas HVS A5 ini sendiri lebih kecil dari A4, yaitu 14,8 x 21,0 cm. Untuk lebih mudahnya, ukuran A5 ini sama seperti ukuran kertas A4 jika dilipat dua.

3. Kertas HVS B5

Kertas HVS B5 merupakan jenis kertas yang digunakan untuk isi binder. Jenis HVS ini memiliki ukuran 18,2 x 25,7 cm, jenis ini tidak mengkilap sehingga cocok digunakan untuk menulis catatan. Dalam penggunaannya, kertas ini dapat menyerap tinta lebih cepat terserap sehingga tulisan juga terlihat lebih.

Kertas HVS ukuran B5 ini tidak hanya berwarna putih saja, tapi juga tersedia dalam berbagai warna seperti warna kuning, hijau, dan biru. Penggunaan kertas berwarna pada jenis ini bertujuan agar tulisan yang ditulis dapat terlihat jelas sehingga lebih mudah dibaca, dan juga dapat membuat pengguna tidak bosan dengan warna standar (putih).

Dalam dunia percetakan, kertas HVS B5  yang berwarna maupun polos ini juga digunakan untuk mencetak buku bacaan atau novel.

4. Kertas HVS F4

Jenis HVS F4 memiliki ukuran yang lebih panjang dari A4, namun memiliki ukuran yang lebih lebar. Ukuran pasti dari jenis HVS ini adalah 21,6 x 33 cm, jenis HVS ini umumnya digunakan untuk keperluan mencetak dokumen atau surat yang membutuhkan ukuran kertas yang panjang. Selain itu, jenis kertas ini juga dapat digunakan untuk mencetak salinan Ijazah ataupun membuat laporan lembar kerja.

Jika Anda membutuhkan HVS F4, Anda dapat menemukan berbagai produk Kertas HVF F4 berkualitas dari Supplier terpercaya di Indotrading.

5. Kertas HVS Kuarto

Kertas HVS jenis Kuarto ini merupakan jenis HVS yang emiliki ukuran hampir serupapa dengan A4 sehingga agak sulit dibedakan. Namun, jika HVS kuarto dibandingkan dengan kertas A4, kertas HVS  kuarto sedikit lebih lebar dengan ukuran 21,6 x 27,9 cm. Jenis HVS ini juga umum digunakan untuk berbagai keperluan, tidak hanya dunia perkantoran saja  tapi juga kertas ini umum digunakan untuk percetakan fotocopy dan dunia pendidikan. 

6. Kertas HVS Plano

Jenis HVS ini mungkin jarang ditemukan karena kurang familiar digunakan, sebab jenis HVS ini lebih digunakan untuk percetakan skala besar, seperti mencetak beberapa dokumen dalam jumlah banya. Jika sudah dicetak maka HVS jenis ini akan dipotong dan disesuaikan dengan ukuran yng dibutuhkan, sehingga penggunaannya dapat menghemat biaya produksi.

Ukuran dari jenis HVS Plano ini sendiri tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari ukuran  65 x 100 cm, 79 x 109 cm, 65 x 90 cm, hingga 61 x 86 cm.

Itulah pembahasan lengkap mengenai jenis jenis kertas HVS beserta ukurannya. Perlu diketahui juga selain memiliki ukuran yang beragam, kertas HVS sendiri terdiri dari tiga gramatur yang dapat mempengaruhi ketebalan kertas. Hal ini dapat berdampak pada fungsi kertas HVS itu sendiri. Gramatur sendiri adalah berat atau bobot dari kertas itu sendiri.

Kertas HVS dengan gramatur 70 gsm umum digunakan untuk kebutuhan kertas percetakan. Untuk kertas HVS dengan gramatur 80 gsm sendiri lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pembuatan dokumen penting dan profesional seperti tesis, skripsi, makalah, dan lain sebagainya. Sedangkan gramatur 100 gsm lebih banyak digunakan untuk membuat gambar presentasi karena lebih tebal.

 

 

 

To Top