Insight

Perhatikan Cara Merakit Mesin RO yang Aman dan Benar

cara merakit mesin ro

Mesin RO disebut-sebut sebagai mesin terbaik untuk menjernihkan air. Air penjernihan tersebut kemudian bisa diminum langsung, tentunya sudah aman dan sehat. Sebenarnya, Anda bisa juga menerapkan mesin RO sendiri di rumah. Cara merakit mesin RO cukup mudah, asalkan sesuai dengan panduan yang benar.

Fungsi Mesin RO (Reverse Osmosis)

cara merakit mesin ro 1

secondwindwater.com

Mesin RO ini awalnya adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghasilkan air bersih agar bisa diminum oleh astronot. Mesin ini pertama kali dibuat oleh NASA yang notabene memang membawahi kru astronot. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan mesin RO semakin meluas dan berkembang pesat.

Mesin ini kemudian digunakan untuk kebutuhan komersial, misalnya bisnis air minum kemasan maupun depot air minum. Pasalnya, mesin bisa menjernihkan air dan menjadikannya layak untuk diminum. Hingga akhirnya, mesin RO kini bisa diaplikasikan dalam lingkup rumah tangga dengan model yang sederhana.

1. Komponen Utama Mesin RO

Sebelum melangkah lebih jauh mempelajari cara merakit mesin ini, ada baiknya Anda berkenalan dulu dengan beberapa komponen utamanya.

2. Rangka Utama

Komponen pertama yaitu masuk dalam kategori rangka utama, rangka ini terdiri dari:

  1. Adaptor
  2. Housing Membran
  3. Booster Pump RO
  4. HPS (High Pressure Switch)
  5. LPS (Low Pressure Switch)
  6. Flow
  7. Post Carbon

3. Komponen Penunjang

Selain komponen pada rangka utama, kinerja mesin RO juga tidak lepas dari dukungan komponen penunjang, komponen tersebut di antaranya:

  1. Filter
  2. Membran RO
  3. Cartridge Filter

4. Tangki Air

Komponen berikutnya yang tidak kalah pentingnya yaitu tangki air. Bagian ini meliputi:

  1. Tangki air dengan daya tampung 3-5 liter air
  2. Konektor kran
  3. Set kran faucet
  4. Selang RO

Baca Juga: 10 Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung Hemat Listrik

Cara Merakit Mesin RO secara Aman

cara merakit mesin ro 2

prab.com

Kini, saatnya Anda mempelajari cara merakit mesin RO dengan benar dan aman. Langkah-langkah yang perlu Anda ikuti di antaranya:

1. Pemasangan Cartridge Filter

Langkah pertama yaitu memasang komponen cartridge filter. Setidaknya ada 3 buah cartridge filter yang perlu dipasang pada bagian housing mesin RO. Cartridge yang pertama dipasang pada komponen spoon, bagian ini ada pada housing transparan.

Sedangkan cartridge kedua untuk bagian housing tengah. Cartridge pada housing tengah berguna sebagai tempat GAC. Kemudian, cartridge yang ketiga digunakan untuk tempat atau wadah CTO. Langkah awal ini harus dilakukan dengan benar agar mesin bisa berfungsi dengan baik.

2. Menyatukan Housing

Setelah cartridge dipasang secara berurutan, selanjutnya yaitu disatukan dalam tiang atau rangka besi. Saat memasukkan ke dalam rangka besi, housing harus diatur secara berurutan. Urutannya yaitu, housing cartridge spoon, GAC, dan terakhir cartridge CTO.

3. Memasang Membran

Setelah semua housing sudah terpasang secara urut pada kerangka besi, langkah berikutnya yaitu memasang membran. Membran ini harus dipasang pada housing yang khusus menampung membran. Perhatikan karet membran, posisi karet ini harus berada di dekat tutup housing membran.

Jika sudah terpasang dengan pas dan benar, selanjutnya housing membran harus ditutup secara rapat. Pada tahap ini, Anda harus benar-benar memastikan bahwa urutan pemasangan sudah benar, baru kemudian bisa dilanjutkan pada tahap berikutnya.

4. Mengatur Selang Air

Selang air yang berada pada tangki harus diposisikan dekat dengan housing transparan. Selang ini juga harus disambungkan dengan kran air. Tujuannya adalah agar air yang telah disaring bisa melalui selang dengan lancar.

5. Mengatur Selang Post Carbon

Selang post carbon kemudian perlu juga dipasang dengan benar menuju tangki atau tempat penampungan air. Pada tahap ini, Anda dituntut harus jeli dan hati-hati, karena jika terjadi kesalahan, selang bisa saja bocor dan air tidak akan tertampung dengan benar.

6. Memasang Selang Output

Tahap terakhir yaitu memasang selang yang berfungsi untuk jalan keluar air. Selang tersebut harus disambungkan dengan leher kran, dengan begitu air bisa mengalir dengan baik. Air ini sudah mengalami menjernihkan, sehingga bisa langsung dikonsumsi.

Kelebihan Menggunakan Mesin Reverse Osmosis (RO)

cara merakit mesin ro 3

ecochemlab.com

Penggunaan mesin RO kini semakin marak, tidak hanya untuk kelas pengusaha, tetapi juga untuk kelas rumah tangga. Tentu saja dengan mesin yang lebih sederhana karena disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Tahukah Anda? Ternyata mesin RO ini memiliki banyak kelebihan di antaranya yaitu:

1. Bermanfaat Bagi Kesehatan

Pertama, jelas mesin ini bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Pasalnya, mesin RO mampu menjernih air secara kompleks. Mesin ini mampu menghilangkan zat-zat beracun, misalnya seperti partikel mikro dan mikroorganisme, klorin, sedimen, serta senyawa organik lainnya.

2. Menghemat Energi

Penggunaan mesin RO dinilai lebih hemat dibandingkan dengan cara konvensional. Anda tidak perlu lagi lagi merebus air yang membutuhkan waktu lama, belum lagi menunggu air sampai dingin. Anda cukup masukan air, kemudian mesin akan memproses secara otomatis dalam waktu yang singkat.

3. Memaksimalkan Sumber Air

Kini tidak ada lagi alasan untuk membuang air karena alasan kotor. Semua jenis air kini bisa disaring dan dijernihkan dengan mesin RO. Sehingga, Anda bisa memaksimalkan penggunaan segala jenis air. Langkah ini dinilai lebih efektif, karena tidak ada lagi air yang terbuang sia-sia.

Baca Juga: Simak Bagian – Bagian Mesin Bor Duduk dan Fungsinya

Setelah mengetahui cara merakit mesin RO dan juga manfaatnya, apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Jika iya, Anda cukup kunjungi situs resmi indotrading dan pilih mesin RO yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk membaca secara detail spesifikasi untuk setiap mesin.

To Top