Insight

Cara Menggunakan High Pressure Cleaner dan Tips Perawatannya

Cara menggunakan high pressure cleaner, Indotrading News — Perkembangan zaman menuntut manusia untuk selalu bisa menghadirkan dan menggunakan alat yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah. Termasuk dalam urusan bersih-bersih, saat ini untuk membersihkan kendaraan, lantai, furniture, halaman dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan mudah dengan alat yang sangat canggih. Salah satu alat yang digunakan adalah  High pressure cleaner (HPC). Alat ini bisa bekerja dengan efektif untuk mempercepat pekerjaan dalam membersihkan berbagai macam objek.

Adanya kemudahan dalam memanfaatkan alat ini, pada kenyataannya banyak yang belum begitu paham dan mengenal alat ini, apalagi untuk cara pengoperasiannya. Berikut ini, akan diberikan cara menggunakan HPC disertai dengan tips perawatannya.

 

Pengertian High Pressure Cleaner (HPC)

High pressure cleaner (HPC) adalah suatu alat yang cara kerjanya memanfaatkan pemampatan air pada tekanan tinggi. Sekilas cara kerja HPC menyerupai cara kerja kompresor udara, namun terdapat perbedaan pada media yang dimampatkan. Untuk kompresor biasanya media yang dimampatkan adalah gas/udara. Sedangkan, HPC media yang dimampatkan adalah benda cair berupa air bersih. Sistem penggerak HPC adalah  electro motor (dynamo) dan engine, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. 

Mesin ini terdiri dari beberapa rangkain seperti trigger gun, Oil Tank, Selang bertekanan tinggi, Filter Air, Pompa motor, dan Switch ON /OFF.

Cara Menggunakan High Pressure Cleaner

Dari ulasan di atas, Anda pasti sudah tahu bahwa fungsi dari HPC adalah untuk membersihkan objek dengan menyemprotkan air. Selanjutnya, perlu bagi Anda untuk tahu cara menggunakan mesin ini. Meskipun sebenarnya Anda bisa langsung mempraktekkannya jika memiliki mesin HPC ini. Cara menggunakan HPC yaitu:

  • Rangkailah mesin HPC sesuai dengan petunjuk yang tertera pada buku panduan di dalam kemasan produk HPC. 
  • lakukan pengecekan terhadap sistem voltage listrik yang akan digunakan untuk memastikan voltage mesin HPC setara dengan daya listrik yang digunakan sehingga tidak akan menyebabkan MCB listrik turun. 
  • Periksa air yang akan digunakan ke mesin serta perhatikan kondisi air, yaitu air bersih dengan suhu sekitar 5°C sampai dengan 40°C. 
  • Pastikan air mengalir dari keran dan jangan menggunakan air dari bak atau ember. 
  • Alirkan air sampai masuk ke mesin/pompa hingga pompa HPC terisi cukup air
  • Hidupkan mesin dan tunggu beberapa saat sampai air yang keluar dari mesin lancar dan kencang atau tidak tersendat-sendat.
  • Pasangkan selang HP Hose (selang bertekanan tinggi) dengan benar.
  • Setelah air lancar, semprotan air keluar dengan cara memutar Head Gun pada trigger gun.
  • Arahkan pada objek yang ingin dibersihkan.

Ketika menggunakan HPC, pastikan bahwa daya listrik yang digunakan mencukupi agar MCB tidak turun. Jika MCB turun atau arus terputus saat digunakan, maka akan mesin HPC akan berisiko akan rusak. Maka dari itu, daya listrik yang digunakan perlu diperhatikan. Jika mungkin, putuskan dulu arus listrik untuk alat-alat elektronik lainnya sebelum menggunakan HPC.

Tips Perawatan High Pressure Cleaner

Setelah mengetahui cara menggunakan HPC, maka perlu bagi Anda untuk tahu cara perawatan mesin ini. Mesin HPC bisa jadi jarang digunakan, karena umumnya hanya digunakan pada kondisi tertentu saja. Maka dari itu, perawatan sangat penting untuk mesin ini. Tips perawatan HPC agar tetap awet yaitu:

  • Matikan mesin HPC setelah digunakan.
  • Matikan aliran air dari kran setelah dipakai dan pastikan tidak ada air di dalam pompa sebelum disimpan.
  • Keluarkan seluruh sisa air di dalam mesin dengan menekan trigger gun/stang tembak.
  • Lepaskan selang tekanan tinggi dari mesin.
  • Jika air tidak kunjung habis keluar, nyalakan kembali mesin untuk memancing agar sisa-sisa air bisa keluar.
  • Keringkan mesin dan seluruh perangkatnya menggunakan kain kering dan bersih.
  • Simpan di tempat yang bersih, kering, serta tidak terkena sinar matahari secara langsung, dan tidak lembab.
  • Ketika mesin lama tidak digunakan, sempatkan untuk membersihkan debu-debu dengan kain basah, kemudian lap dengan kain kering yang bersih.
  • Saat disimpan, tutup mesin dengan kain untuk mengurangi banyaknya debu yang menempel.

Mesin HPC akan sangat berguna bagi Anda untuk banyak keperluan, misalnya mencuci mobil, sepeda motor, karpet, lantai, dinding, dan lain sebagainya. Tidak semua HPC cocok untuk kebutuhan Anda. Produk-produk HPC secara umum memiliki kebutuhan watt yang tinggi. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk mempertimbangkan konsumsi daya listrik di rumah Anda. 

Tips Membeli High Pressure Cleaner

Ketika Anda akan membeli mesin HPC, maka perhatikan juga dengan harga dan kualitasnya, Anda bisa mencari HPC yang memiliki harga terjangkau dan tidak mengabaikan fitur yang diperlukan. HPC yang berkualitas selalu memberikan Anda garansi setelah yang baik dan membuat Anda nyaman untuk mempunyainya. Anda tidak perlu khawatir jika terdapat kerusakan atau terjadi beberapa hal yang di luar dugaan Anda ketika telah melakukan pembelian. Tentunya, segala jaminan tersebut hanya akan Anda dapatkan jika Anda membeli dari supplier HPC terpercaya.

Produk HPC berkualitas dengan harga terjangkau dari supplier terpercaya bisa Anda dapatkan melalui Indotrading. Di Indotrading, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan HPC dengan merek terkenal dan tipe-tipe terbaru. Klik website Indotrading sekarang untuk menemukan supplier HPC sesuai kebutuhan Anda.

To Top