Insight

Cara Membuat Es Balok dengan Mudah dengan Menggunakan Mesin

cara membuat es balok

Kebutuhan manusia akan es balok menjadi salah satu hal yang tidak bisa tergantikan. Es balok sering digunakan untuk mendinginkan berbagai bahan makanan, bahan kimia, dan lain sebagainya. Cara membuat es balok sangat mudah dan praktis jika menggunakan mesin.

Saat ini banyak orang yang mengandalkan mesin untuk membuat es dengan jumlah atau ukuran yang besar. Namun, Anda tidak bisa menemukan atau membeli mesin di sembarang tempat. Ada beberapa tempat penjualan yang bisa dipercaya seperti Indotrading.

Apa Saja Bahan yang Dibutuhkan?

1. Air Sumur

cara membuat es balok 1

Untuk membuat es balok biasanya orang akan menggunakan air sumur sebagai bahan bakunya. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan ketika akan membuat es balok menggunakan air sumur. Salah satunya adalah memastikan jika air yang digunakan tidak berbau dan berwarna.

Pengecekan lain juga harus dilakukan seperti memastikan bahwa pH pada air yang digunakan tidak lebih dari 7. Sumber air yang bersih sangat penting untuk diperhatikan agar air tidak membuat penyakit bersarang pada es. Meskipun, pada bagian mesin sudah ada filter kebersihan air masih harus diperhatikan.

2. Air PDAM

cara membuat es balok 2

Pembuatan es balok juga bisa menggunakan air PDAM yang bisa ditemukan dengan mudah. Air ini biasanya dijadikan sebagai bahan baku cadangan dalam pembuatannya. Anda bisa menggunakannya dan akan memerlukannya jika cadangan air sumur berkurang atau tidak memenuhi syarat.

Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan air PDAM, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sesuai dengan persyaratan. Beberapa di antaranya adalah memastikan pH air tidak lebih dari 7, keadaan air tidak berbau, tidak berwarna atau tidak terkontaminasi apapun.

Baca Juga: Ketahui Cara Kerja Mesin Pembuat Es Krim yang Banyak Dijual

3. Garam

cara membuat es balok 3

Tidak banyak yang tahu jika garam bisa dijadikan bahan yang sangat membantu dalam pembuatan es balok. Bahan pembantu ini bisa digunakan untuk membuat proses pendinginan semakin cepat dan sempurna. Salah satu kelebihannya adalah, air garam dengan kadar 19% terlarut dengan sempurna.

Penggunaan ini akan membantu untuk mengurangi pengendapan di bak pendingin atau brine tank. Tentunya akan memiliki titik beku yang lebih rendah dibandingkan dengan ice can.

4. NH3/Amoniak

cara membuat es balok 4

Cara membuat es balok khususnya dengan menggunakan mesin akan membutuhkan NH3 atau amoniak. Bahan ini berguna untuk dijadikan pendingin karena memiliki titik didih mencapai -28 derajat Fahrenheit.

Di Mana Tempat yang Menjual Mesin Es Balok Terpercaya?

cara membuat es balok 5

Banyak orang yang belum mengetahui tempat yang bisa dipercaya untuk membeli mesin pembuat es balok. Jika saat ini Anda masih merasa bingung dan ragu, maka bisa mencobanya di Indotrading. Platform b2b e-commerce ini bersedia untuk menjual mesin es balok dari penjual, supplier, dan distributor terpercaya.

Selain karena terpercaya, Indotrading juga memiliki harga yang kompetitif dibandingkan dengan tempat lainnya. Untuk membeli Anda bisa mencoba mengunjungi indotrading lalu masuk ke kolom pencarian untuk menemukan mesin yang diinginkan.

Tidak perlu khawatir dengan transaksi yang akan Anda lakukan di Indotrading yang selalu aman dan terpercaya. Mesin yang dijual sangat cocok digunakan bagi Anda yang membuka usaha pembuatan es balok. Indotrading selalu memberikan harga termurah dengan kualitas terbaik.

Cara Membuat Es Balok

cara membuat es balok 6

1. Proses Pengisian

Untuk melakukan proses pertama, Anda harus mengisikan air menggunakan ice can filler atau tangki pengisian air. Gunakan air yang sesuai dengan persyaratan untuk membuat es balok seperti contoh di atas. Ice can yang akan Anda gunakan terbuat dari plat dengan ukuran 1.8mm dengan lapisan anti karat.

Frame juga dilengkapi dengan isi 10 unit cetakan yang mempunyai berat 50 kg. Filling tank juga dilengkapi dengan katup dan level control untuk menyesuaikan isi dengan kapasitasnya.

2. Proses Pengangkatan

Setelah Anda selesai mengisikan tangki maka Anda akan masuk ke bagian pengangkatan ice can. Ketika diangkat nantinya akan diletakkan ke dalam brine tank atau bak pendingin. Bak ini digunakan untuk memasangkan ice can pada rei yang ada di bagian atas tank.

3. Proses Pendinginan

Bagian ini juga memiliki fungsi yang cukup penting ketika Anda akan membuat es balok. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih selama 24 jam untuk menghasilkan es yang matang sempurna. Ice can akan dimasukkan ke dalam brine tank yang terendam yang kemudian berfungsi sebagai refrigerant.

Nantinya akan mengambil kalor dari air yang bisa membuat air menjadi dingin dan semakin membeku. Brine tank ini akan dilengkapi dengan agitator yang disebut sebagai pengaduk air garam. Hal ini akan membantu brine agar tidak menjadi gel karena temperatur yang terlalu dingin.

4. Proses Peredaman

Jika semua proses di atas telah selesai maka es balok akan mulai terbentuk atau membeku. Masuk ke proses selanjutnya yaitu proses pengangkatan es dari brine tank yang kemudian direndam pada air yang normal. Perendaman akan dilakukan di tangki Pelepas untuk mencegah es mencair.

5. Proses Pelepasan

Setelah masuk ke thawing tank maka, bagian luar dari es akan mencair dan es harus diangkat dengan menggunakan rei. Cara membuat es balok yang mudah ini hampir selesai ke tahap akhir, kemudian jangan lupa untuk mengeluarkan es balok dari cetakannya untuk disortir kembali,

6. Proses Penyortiran

Tahap akhir ini sangat penting untuk memastikan kualitas es yang dihasilkan. Tentu es yang telah terlepas dari ice can akan disortir untuk kemudian dijual ke konsumen.

Baca Juga: Panduan Tentang Cara Kerja Mesin Es Tube dan Fungsinya

Es balok yang berkualitas dibuat dengan menggunakan cara yang tepat dan mesin yang berstandar tinggi. Jika Anda ingin mencari mesin pembuat es balok, cobalah untuk memilih tempat penjual mesin terbaik. Indotrading siap untuk memberikan berbagai pilihan mesin terbaik untuk Anda.

To Top