Berita

Bagi Pengusaha UKM, 5 Alasan Ini Jadi Penyebab KTA Ditolak Bank

Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah sebuah fasilitas pinjaman yang diberikan tanpa adanya pinjaman (agunan) berupa aset apapun kepada pihak pemberi pinjaman (lembaga keuangan seperti bank). Biasanya fasilitas KTA ini digunakan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mengembangkan serta memperkuat bisnisnya.

Syarat-syarat untuk mengajukan KTA juga cukup mudah. Anda cukup menyertakan beberapa dokumen seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP, kartu kredit, dan buku tabungan. Beberapa bank juga mewajibkan Surat Pajak Tahunan sebagai salah satu syarat agar mendapatkan pinjaman dari bank tersebut.

Untuk mengajukan KTA, Anda juga tidak harus datang ke bank. Cukup isi aplikasi online dan masukkan data-data yang dibutuhkan. Setelah diverifikasi dan disetujui oleh pihak bank, uang pinjaman tersebut dapat dicairkan dalam jangka waktu 1 hingga 14 hari sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.

Baca juga: Mengenal KTA, Kredit Tanpa Agunan Bagi UKM

Namun dari beberapa kasus yang pernah terjadi, ada banyak nasabah yang pengajuannya ditolak tanpa tahu alasannya. Berikut ini ada beberapa penyebab umum mengapa pengajuan KTA bisa ditolak oleh bank, seperti dikutip Senin (20/6/2016).

1. Ada Bagian Dokumen yang Tidak Jelas Terbaca
Biasanya saat mengajukan KTA, Anda akan diminta untuk melampirkan dokumen tertentu seperti KTP atau slip gaji. Jika Anda menggunakan fotocopy atau mengirim foto dari dokumen tersebut, pastikan agar tulisan di dokumen tersebut dapat terbaca dengan jelas.

Ilustrasi uang/Dok: Wikipedia

Ilustrasi uang/Dok: Wikipedia

2. Tidak Sesuai Dengan Syarat Ketentuan Calon Peminjam
Salah satu penyebab paling umum pengajuan KTA ditolak adalah adanya syarat yang tidak dipenuhi oleh calon peminjam. Misalnya, penghasilan tahunan Anda atau usia mungkin tidak memenuhi ketentuan peminjaman. Pastikan Anda membaca dulu dengan teliti seluruh syarat pengajuan KTA sebelum mencoba mengajukannya.

3. Anda Punya Tunggakan Kartu Kredit/Kredit Macet
Kalau Anda memiliki kartu kredit atau hutang lain dan Anda sedang memiliki tunggakan, pastikan agar Anda melunasinya. Tunggakan kartu kredit memberikan reputasi Anda yang kurang baik di mata bank karena mereka akan khawatir jika Anda sering menunggak cicilan pembayaran KTA. Hematlah dalam pengeluaran sehari-hari agar Anda memiliki sisa uang lebih untuk membayar cicilan kredit Anda.

Baca juga: 5 Pertanyaan Ini Muncul Saat Memulai Bisnis Start-Up

4. Ada Data yang Dipalsukan
Ini merupakan hal fatal yang bisa menjadi penyebab utama aplikasi KTA Anda ditolak. Anda dilarang keras memalsukan seluruh data, informasi, dan lampiran dokumen yang Anda ajukan dalam aplikasi KTA. Pastikan bahwa seluruh data yang diberikan kepada bank adalah benar dan apa adanya.

5. Punya Rekam Jejak Kredit yang Buruk
Salah satu pertimbangan utama bank sebelum meluluskan aplikasi KTA Anda adalah sejarah kredit Anda melalui proses yang disebut BI Checking. BI Checking berisi sejarah dan riwayat kredit Anda baik kepada lembaga bank maupun non-bank. Agar memiliki rekam jejak kredit yang baik, pastikan agar Anda selalu disiplin dan melunasi tagihan kredit tepat waktu.

 

Sumber   : halomoney.co.id

Editor      : Wiji Nurhayat

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top