Insight

ARCH:ID Conference Kembali Diselenggarakan Tahun Ini, “Identitas?” Menjadi Tema Utama 

Jakarta, 8 Februari 2023 – Tahun ini, ARCH:ID kembali menyelenggarakan Konferensi bertaraf internasional dengan tema utama ”Identitas?”. Kegiatan ARCH:ID 2023 International Conference on Architecture akan dilaksanakan pada 17 Maret 2023 di Nusantara Hall, ICE BSD, Tangerang. Kegiatan kali ini dikuratori oleh 3 arsitek Indonesia ternama, yakni : Wendy Djuhara, Maria Rosantina, dan Andy Rahman. 

Tema ”Identitas?” yang dipilih pada kegiatan ini merujuk kepada kondisi dua tahun terakhir. Masa pandemi memberi kita waktu untuk berdiam sejenak dan mencari apa yang esensial dalam hidup kita dan untuk berpikir kembali dan bercermin tentang diri kita sendiri. 

”Di dunia arsitektur, terlihat karya-karya arsitektur yang semakin serupa. Terjadi salin lekat (copy paste) bahasa arsitektur yang membuat kita sulit untuk mendefinisikan akar budaya asalnya. Identitas arsitektur semestinya merepresentasikan pemikiran masyarakat yang spesifik berdasarkan tempat dan waktu”, ucap Wendy Djuhara menjelaskan dasar pemikiran atas tema yang diangkat. 

ARCH:ID 2023 International Conference on Architecture

Acara ARCH:ID 2023 International Conference on Architecture diharapkan menjadi wadah bagi para arsitek dan stakeholders lainnya untuk saling bertukar pikiran dan belajar dari keunikan masing-masing, untuk itu pada kegiatan konferensi kali ini, para pembicara yang dihadirkan dari lintas disiplin agar memberikan beragam perspektif untuk mendekati tema utama ”Identitas”. 

ARCH:ID 2023 International Conference on Architecture akan dibagi menjadi beberapa sub-tema yang disajikan dalam dua sesi : Maritime+Technology dan Social+Cultural yang akan disampaikan oleh para pembicara terkemuka di bidangnya yang berasal dari mancanegara dan lokal. Beberapa karya project populer dari para pembicara tersebut di antaranya : Gardens by the Bay (Singapura), Heydar Aliyev (Azerbaijan), Maldives Floating City, dan Rumah Tradisional Wae Rebo (NTT, Indonesia). ARCH:ID 2023 International Conference speakers line up  : 

  • Wolfgang Kessling (Transsolar/Germany) 
  • Koen Olthuis (Waterstudio.NL/Netherlands) 
  • Hanif Kara (AKT II/United Kingdom) 
  • Bernard Khoury (DW5/Lebanon) 
  • Yori Antar (Han Awal & Partners/Indonesia) 

Konferensi kali ini menargetkan setidaknya 350 partisipan dari arsitek seluruh Indonesia  serta stakeholders terkait lainnya seperti developer, kontraktor, desainer interior dan sebagainya. Tak luput juga dari kalangan akademisi serta pelajar/mahasiswa perguruan tinggi jurusan arsitektur. Calon peserta ARCH:ID 2023 International Conference on Architecture dapat mendaftarkan dirinya melalui website ARCH:ID dengan link : www.arch.id/conference/ 

ARCH:ID 2023 International Conference on Architecture

Event ARCH:ID 2023 International Conference on Architecture diselenggarakan bersamaan dengan ARCH:ID 2023 Exhibition yang dilaksanakan pada 16-19 Maret 2023 di Hall 3-3A, ICE BSD City, Tangerang. Event tahunan ini kembali dimeriahkan oleh berbagai konten menarik lainnya, meliputi :  

  • Exhibition Booth Design Brand x Architect 
  • Featured Exhibition & Installation 
  • ARCH:ID Sustainable Construction Material Awards 
  • Talk Series 
  • Obrolan Tuju Tuju 
  • BIM Seminar & Masterclass 
  • ARCH:ID Night & Best Booth Awards 
  • Booth Parties 
  • IAI Leaders Meeting 
  • Sosialisasi Program IAI 
  • 4 Nations Meeting 
  • Kolaborasi dengan pemerintah dan asosiasi terkait  

Sebagai The Most Awaited Architecture Trade Event in Indonesia, ARCH:ID disambut baik dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terkait termasuk dari BYO Living, sebuah brand dengan produk dan jasa weaving customized design specialist. Tahun ini BYO Living memberikan dukungannya sebagai Conference Strategic Partner

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ARCH:ID, silahkan menghubungi : 

Normalina Adinda (Marcom) 

PT CIS Exhibition 

021 – 837 968 33 atau 0812 1911 0731  

dinda.arch.id@gmail.com 

www.arch.id 

*** 

Tentang ARCH:ID

ARCH:ID adalah kerjasama sinergis antara IAI dan PT CIS Exhibition dalam mebentuk sebuah kegiatan Arsitektur dalam 1 paket yaitu Konferensi Arsitekur se Indonesia & Pameran Business to Business (B2B) yang diselenggarakan dengan debut pertama pada Februari  2020. Menjadi kegiatan festival arsitektur yang paling ditunggu oleh para arsitek dan pelaku industri arsitektur. 

Tentang Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) :

IAI didirikan secara resmi pada tanggal 17 September 1959 di Bandung. Kini di usianya yang ke-61, IAI telah beranggotakan lebih dari 20.500 Arsitek yang terdaftar melalui 34 kepengurusan Provinsi, 1 kepengurusan perwakilan dan 4 kepengurusan wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan kepengurusan Provinsi termuda di Maluku yang dideklarasikan pada tanggal 19 Agustus 2017 lalu. IAI aktif dalam kegiatan internasional melalui keanggotaannya di ARCASIA (Architects Regional Council of Asia) sejak tahun 1972 dan di UIA (Union Internationale des Architectes) sejak tahun 1974, serta AAPH (Asean Association Planning and Housing) di mana IAI merupakan salah satu pendirinya. Sejak disahkannya UU No.6/2017 tentang Arsitek, IAI merupakan satu-satunya Organisasi Profesi Arsitek yang diakui oleh Negara. 

Tentang PT Citra Inovasi Strategi Exhibition 

PT Citra Inovasi Strategi Exhibition didirikan untuk mewujudkan tujuan strategis klien serta mengadakan pameran yang inovatif. PT CIS Exihibition memiliki kompetensi dan pengetahuan untuk memahami dan memenuhi tujuan klien, serta di saat yang sama, mempelajari praktik terbaik di industri terkait untuk memberikan pameran yang berkualitas serta berstandar internasional guna memaksimalkan investasi klien. Tim ini juga didukung oleh C.I.S Network Sdn Bhd selaku partner kami, penyelenggara pameran di Malaysia dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dan ahli dalam pameran yang inovatif. Saat ini PT CIS Exhibition merupakan penyelenggara dari event tahunan HOMEDEC & ARCH:ID. 

Event lainnya di Indotrading Bisa Klik: Event Indotrading

To Top