Berita

7 Kemampuan yang Harus Dimiliki agar Menjadi Orang Hebat dan Berpengaruh

Sebagian orang terlahir dengan bakat dan talenta yang mengagumkan. Beberapa lainnya berusaha berlatih agar mahir di bidang tertentu. Meski demikian, apa saja hal-hal yang perlu dimiliki oleh seseorang agar ia bisa menjadi orang yang hebat dan memiliki pengaruh di masa depan?

Orang hebat sering diibaratkan sebagai orang yang berpengaruh. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang multitalenta yang berbakat sehingga sering dianggap akan selalu sukses di masa depan. Hal ini tidak selalu benar meskipun kebanyakan orang pasti memiliki kelebihannya masing-masing.

Namun jangan sampai keliru. Seseorang yang bakatnya kuat sekalipun akan kehilangan bakatnya jika ia tidak mengasah atau mengembangkannya. Bagaimanapun juga, orang yang telah dikaruniai talenta tersebut masih harus mengembangkan kemampuannya hingga taraf profesional. Dengan tujuh cara ini, Anda bisa meningkatkan talenta yang dimiliki agar menjadi orang hebat yang memiliki pengaruh di masa depan:

  1. Kembangkanlah Kemampuan Pengambilan Keputusan

ambil keputusan

Tidak semua orang bisa menjadi seorang pengambil keputusan yang baik. Bisa jadi, pengambilan keputusan merupakan kemampuan paling puncak yang harus dimiliki seorang pemimpin, baik keputusan untuk hal-hal kecil dalam sebuah meeting hingga keputusan strategis seperti menginvestasikan modal perusahaan.

Ketegasan dalam mengambil keputusan bukanlah sifat yang diperoleh sejak lahir, hal ini murni terbentuk dari lingkungan sekitar. Agar dapat menguasainya, analisislah proses pengambilan keputusan Anda untuk menemukan titik lemah dan bias-bias alam bawah sadar yang bisa membuat keputusan Anda tidak berkualitas. Hal ini perlu dilakukan ketika kita tidak bias lagi melakukan kontrol terhadap hasil yang diinginkan.

 

  1. Belajarlah Membuat Argumen yang Solid

argumen solid

Keterampilan dalam berargumen sangatlah penting dalam situasi-situasi tertentu dalam hidup Anda. Dalam sebuah presentasi, diskusi, meeting, tanya jawab, bahkan dalam perdebatan yang melibatkan pertaruhan, kemampuan melontarkan argumen merupakan hal yang sebaiknya dimiliki.

Ketika melemparkan argumen, Anda membutuhkan alasan sehingga Anda harus mampu mempertahankan keyakinan diri sendiri atau memperkenalkan ide-ide Anda kepada orang lain yang pendapatnya berseberangan dengan Anda.

Terapkan juga ilmu yang telah dipelajari di sekolah atau bangku kuliah disesuaikan dengan hal-hal yang telah Anda baca dan amati. Dengan begitu, Anda akan menemukan cara untuk berpikir kritis dan menganalisis argumen orang lain sehingga pengaruh Anda akan mempengaruhi pilihan-pilihan mereka secara dramatis.

 

  1. Jadilah Seorang Pencerita yang Baik

good storyteller

Teknik storytelling telah terbukti ampuh untuk mempengaruhi banyak orang dari berbagai macam budaya dan era. Setiap pencerita menceritakan suatu hal untuk tujuan tertentu. Tujuannya beragam mulai dari memotivasi orang untuk bertindak, untuk mengajar, mengurangi hambatan, dan mengubah cara berpikir orang lain. Menceritakan sebuah narasi lebih berguna daripada sekadar mengungkapkan fakta dan analisis teknikal yang biasanya tidak terlalu disukai oleh orang lain.

Angka-angka dan analisis teknikal memang penting, tetapi ketika Anda dihadapkan tentang bagaimana hubungannya dengan berbagai macam isu, entah itu besar atau kecil, sebuah narasi yang strategis dapat mengalahkan angka-angka. Selain itu narasi lebih mudah untuk diingat karena tidak melibatkan teori di dalamnya.

Perlu diingat bahwa beberapa orang melihat teori sebagai hal yang membosankan. Para penulis besar dan para public speaker ternama banyak menggunakan teknik ini untuk mempresentasikan ide-ide mereka ketimbang harus berkutat dengan angka atau teori.

Baca juga : 7 Tips Sukses Membangun Networking bagi Orang Introvert

 

  1. Asah Keterampilan Berbicara Anda

keterampilan berbicara

Ketika banyak dari kita yang berpikir tentang orang-orang berpengaruh, kita seringkali berpikir tentang orang-orang besar seperti Presiden Soekarno, Steve Jobs, Bill Gates, Adolf Hitler, dan lain sebagainya. Sebenarnya acuan untuk menjadi seorang pembicara yang sukses tidaklah harus belajar dari orang-orang seperti mereka. Kemampuan atau keterampilan berbicara biasanya justru terlatih dari seberapa lama Anda mampu bertahan dalam sebuah organisasi.

Organisasi mengharuskan Anda untuk ikut terlibat dalam mengutarakan pendapat dan ide-ide. Organisasi adalah tempat paling awal dimana Anda bisa mengembangkan kemampuan berbicara anda secara alamiah.

 Baca juga: 7 Kesalahan Public Speaker yang Bisa Merusak Reputasi Ini Harus Dihindar

  1. Berinteraksilah dengan Cara yang Benar

interaksi dengan teman

Anda tidak perlu memperbincangkan hal-hal seperti kenaikan suku bunga bank, pajak, keadaan pasar, masalah pengangguran, anggaran belanja negara yang defisit, dan ketidakstabilan ekonomi ketika sedang bersama teman-teman Anda. Hal yang perlu Anda  lakukan adalah mampu memahami teman-teman Anda ketika sedang bersama mereka.

Cobalah untuk mengarahkan percakapan Anda kepada masalah rutin sehari-hari. Problem yang muncul dalam rutinitas seseorang biasanya lebih bisa menarik opini dan perbincangan yang sehat. Selingi dengan candaan dan obrolan santai mengenai keluarga atau pacar. Buat rekan-rekan Anda merasa nyaman ketika mereka sedang bersama Anda. Tempatkanlah obrolan yang tepat sesuai dengan situasi yang dialami oleh teman-teman Anda.

 

  1. Bersikaplah Layaknya Seorang Pemimpin

volunteer

Seorang pemimpin biasanya memiliki pengaruh dan dampak paling besar bagi sebuah keluarga, organisasi, perusahaan, atau bahkan negara. Untuk memiliki sifat kepemimpinan, beberapa orang memiliki bakat untuk menjadi pemimpin sejak kecil sedangkan lainnya belajar berlatih menumbuhkan sifat kepemimpinan melalui berbagai cara.

Menjadi volunteer bisa menjadi salah satu langkah awal yang paling bagus untuk melatih kepemimpinan. Dengan menjadi volunteer, Anda akan berlaku sebagai mentor bagi orang lain dan membantu mereka untuk mencapai tujuannya. Dengan begitu, Anda sudah mulai bertindak layaknya seorang pemimpin.

 

  1. Pahamilah Komunikasi Berbasis Teknologi

komunikasi berbasis teknologi

Di abad ke-21 ini, seorang anak berusia 5 tahun sekalipun sudah mengetahui keberadaan Twitter, Facebook, dan media sosial dengan platform terbaru. Dunia bisnis pun telah bergeser menjadi bersifat online saat ini.

Konsumen selalu menginginkan Anda untuk hadir di saat yang mereka inginkan. Cara tercepat untuk membuktikan bahwa Anda memiliki reputasi di dunia maya adalah dengan cara mengetik nama Anda sendiri di dalam kotak pencarian Google. Jika Anda malah menemukan profil-profil orang lain, sudah saatnya merubah mindset. Berusahalah untuk aktif di dunia maya agar internet juga mengetahui reputasi Anda. (leo/editor: erlin)

Baca juga: 5 Bisnis yang Akan Kalah Bersaing di 2016

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top