Bisnis

Ibu Kota Pindah, Ada 5 Peluang Bisnis yang Bakal Laris Manis. Apa Saja?

Peluang bisnis di ibu kota baru

Sudah bukan wacana, bila ibu kota Indonesia akan segera dipindahkan ke kota Kalimantan Timur. Seperti yang kita lihat bahwa ibu kota kita memang telah mengalami kepadatan yang signifikan dan menimbulkan banyak sekali resiko mulai dari peningkatan jumlah pengangguran, kemacetan lalu lintas yang semakin parah, tingkat polusi yang tinggi, serta minimnya ketersediaan lahan tempat tinggal dan ruang hijau. 

Dari beberapa faktor inilah, pemerintah akhirnya memutuskan untuk memindahkan pusat pemerintahan ke provinsi Kalimantan Timur tepatnya di kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Hal ini didasari oleh letak geografis wilayah tersebut yang dinilai rendah akan terjadinya bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami dan gunung meletus. 

Tak ayal, bila nantinya ibu kota baru akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat. Sehingga bisa membawa banyak peluang baru untuk para penggiat bisnis. Kira-kira, apa saja contoh peluang bisnis yang berpotensi? Simak langsung 5 contohnya berikut ini!

       1. Hotel dan Kos-Kosan

Bisnis kos-kosan dan hotel

Seperti yang kita tahu bahwa sistem pemerintah kita akan dipindahkan ke Kalimantan Timur. Ini berarti akan ada sekitar 1 juta PNS lebih yang ikut diboyong. Nah, hal ini bisa menjadi peluang besar untuk membangun bisnis kos-kosan dan tempat penginapan (hotel). Karena kemungkinan besar mereka tidak akan langsung mencari rumah tetap yang jelas akan menyulitkan mereka. Apalagi proses pemindahan ibu kota rencananya akan dilaksanakan di tahun 2024 mendatang. Maka, tidak ada salahnya jika Anda mulai merintis bisnis ini dari sekarang.

       2. Kuliner

bisnis kuliner

Kuliner memang menjadi satu-satunya peluang bisnis yang tidak ada matinya. Apalagi jika Anda membangun bisnis ini di ibu kota baru, kemungkinan besar bisnis Anda akan laris manis. Anda bisa membuka usaha bisnis warteg franchise, rumah makan padang dan lain-lain. Lebih bagus lagi jika bisnis kuliner dibangun dekat dengan kantor pemerintah yang nantinya bisa menjadi tempat andalan untuk para PNS menikmati makan siang dan makan malam. 

Baca juga: Peluang Bisnis Kuliner di RI Diyakini Bakal Terus Meningkat

       3. Kopi Kekinian

bisnis kopi susu kekinian

Di samping membuka usaha dibidang kuliner, ada lagi peluang bisnis ciamik lain yang bisa Anda pilih yaitu bisnis kopi. Ya, layaknya Jakarta dimana keberadaan bisnis kopi telah mendominasi di berbagai wilayah, tak menutup kemungkinan jika nanti para pekerja yang melancong ke Kalimantan Timur juga akan membutuhkan minuman kopi susu kekinian sebagai andalan mereka. Sehingga Anda bisa mulai merancang konsep minuman kopi masa kini untuk nantinya dijadikan peluang bisnis di ibu kota baru.

       4. Bisnis Bahan Bangunan

bisnis bahan bangunan

Berbagai jenis properti akan satu persatu dibangun untuk ibu kota baru. Mulai dari pembangunan kantor pemerintahan, perkantoran hingga perumahan yang akan menjadi tempat tinggal para pendatang. Berdasarkan pernyataan di berbagai media, ibu kota baru akan membutuhkan lahan dengan luas kurang lebih 225 ribu hektar. Sehingga ini bisa menjadi sebuah kesempatan besar untuk Anda membangun bisnis penjualan bahan bangunan atau supplier bahan industri yang pastinya akan sangat dibutuhkan oleh para jasa arsitektur.

       5. Toko Perlengkapan Rumah Tangga atau Warung Sembako

bisnis peralatan rumah tangga

Jangan meremehkan dengan usaha kecil seperti membuka warung sembako. Melihat kondisi peningkatan jumlah penduduk yang begitu besar di ibu kota baru, maka akan ada kesempatan emas untuk Anda yang ingin membuka toko grosir sembako, toko peralatan rumah tangga atau sekedar warung-warung kecil yang bisa Anda bangun di sekitar wilayah kantor pemerintahan dan tempat tinggal penduduk. 

Meskipun proses transisi ibu kota tidak akan dilakukan dalam waktu dekat, namun tak ada salahnya untuk Anda yang ingin menyiapkan bisnis-bisnis seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Bahkan dengan rentang waktu yang masih panjang ini, berarti Anda masih memiliki banyak waktu untuk merancang strategi bisnis dengan sangat matang. 

Baca juga: Dari Bisnis Cireng, Tiga Pemuda Ini Raup Omzet Hingga Miliaran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top