Digital Marketing

Inilah 5 Negara Pengembang Aplikasi Android Terbesar di Dunia

Semenjak android resmi diluncurkan pada pertengahan tahun 2008 yang lalu, aplikasi ini langsung menjadi wabah tersendiri dalam masyarakat. Tidak berlebihan jika mengatakan bahwa keberhasilan android adalah sebuah wabah. Tidak hanya dilihat dari keberhasilannya dalam melakukan ekspansi ke seluruh penjuru dunia tetapi juga akibat yang ditimbulkan dari merebaknya wabah aplikasi Android membuat beberapa sistem operasi terpaksa gulung tikar. Saya tidak akan menyebutkan sistem operasi yang gulung tikar akibat tidak mampu bersaing dengan android tersebut, tetapi yang akan menjadi perhatian saya adalah lima negara dan lima kota dimana bisnis aplikasi android menjadi salah satu mata pencaharian terbesar. Di lima negara inilah aplikasi-aplikasi android terbaik di dunia lahir. Mari kita simak kelima negara berikut ini:

  1.   Amerika Serikat

Gambar 750

Menurut data yang dilansir pada tahun 2011 yang lalu, Amerika Serikat berada di peringkat pertama sebagai negara yang memiliki jumlah pebisnis aplikasi android terbesar. Amerika Serikat menyumbang dua kota dari lima kota pengembang aplikasi android terbesar, dua kota tersebut adalah New York dan Los Angeles. New York menyumbang persentase terbesar dengan jumlah 1004 pengembang aplikasi.

  1.   Inggris

Gambar 751

Negeri Ratu Elizabeth ini berada di peringkat kedua sebagai negara pengembang aplikasi android terbesar di dunia. Inggris menyumbang London sebagai kota yang memiliki jumlah pengembang aplikasi android terbesar di dunia. London memiliki 671 bisnis pengembang aplikasi dan hal ini membuat London berada di peringkat kedua sebagai kota pengembang aplikasi terbesar di bawah New York. Inggris berhasil menempati peringkat kedua dalam list ini karena tidak hanya London yang menyumbang persentase besar sebagai pengembang aplikasi android. Masih ada kota Manchester yang juga menyumbang persentase besar dengan jumlah 592 pengembang aplikasi android.

  1.   India

Gambar 753

Tak ada yang menyangka bahwa India adalah negara Asia yang masuk dalam daftar ini. Selama ini ada persepsi dari masyarakat bahwa Cina dan Jepang adalah pionir-pionir terdepan dalam hal teknologi. Mengapa India bisa memberikan kejutan dalam list ini? Mungkin anda akan merasa aneh namun ini adalah sebuah realita yang terjadi di lapangan. Anak-anak India sejak kecil menyukai pelajaran matematika dan teknologi. Hal ini yang membuat ketertarikan masyarakatnya sebagai pengembang aplikasi juga berkembang. Mereka sejak dulu sudah terbiasa dengan iklim sains dan teknologi. Sebuah penelitian yang pernah ditunjukkan oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya Outliers: The Story of Success bahkan menatakan bahwa orang Asia rata-rata memang lebih cerdas dalam melakukan perhitungan matematika dibandingkan dengan orang berdarah Anglo-Saxon. Dengan adanya faktor kultural yang mendukung tersebut maka tak heran India mampu menembus 5 negara pengembang aplikasi terbesar. Kota di India yang menyumbang persentase terbesar dalam pengembangan aplikasi android adalah Bangalore. Di satu kota itu saja terdapat 599 pengembang aplikasi.

  1.   Belanda

Gambar 754

Negara di peringkat keempat kembali diduduki oleh negara dari Benua Biru. Belanda berhasil menduduki posisi ke-4 walaupun mereka tidak menyumbang kota-kota di Belanda untuk masuk dalam lima besar pengembang aplikasi android. Belanda memiliki jumlah pengembang aplikasi mencapai 828 yang tersebar di seluruh penjuru Belanda.

  1.   Spanyol

Gambar 755

Satu lagi negara di Benua Eropa yang menduduki daftar lima besar negara pembuat aplikasi android terbaik di dunia. Negara yang berada di wilayah Semenanjung Iberia ini menjadi negara terbesar ke-5 sekaligus menduduki peringkat terakhir dalam lima besar negara pengembang aplikasi android. Di seluruh penjuru Spanyol terdapat 522 pengembang aplikasi Android. (leo/editor:erlin)

To Top