Digital Marketing

4 Rahasia Sukses Bisnis Online

Apakah Rekan Indopreneurs sudah pernah memulai bisnis online sebelumnya? Kemajuan teknologi yang semakin pesat tidak hanya menciptakan peluang untuk mempermudah membangun jaringan dan relasi, namun juga membuka kesempatan yang tak terhingga dalam peluang bisnis. Dengan semakin menjamurnya berbagai platform yang tersedia untuk memasarkan sesuatu, kita tentu tak akan melewatkan kesempatan ini begitu saja bukan? Untuk memaksimalkan peluang tersebut, simak yuk empat rahasia sukses bisnis online berikut ini!

Dengan adanya berbagai kemudahan, mungkin saat ini hampir setiap orang pernah berjualan secara online. Tak hanya berjualan, mereka juga menawarkan beragam jasa dalam berbagai bentuk tanpa harus bertatap muka dengan orang yang memanfaatkannya. Berbisnis secara online seperti itu merupakan privilege bagi Anda yang tak buta teknologi. Dengan bermodal sedikit keahlian, Anda pun bisa menjalankannya. Namun, di tengah persaingan yang ketat, tentu dibutuhkankan jurus-jurus jitu agar sukses dalam berbisnis online. Mari kita simak hal-hal yang dibutuhkan oleh para pebisnis online dalam meraih kesuksesan dalam bisnisnya berikut ini:

1. Pilih Platform Bisnis yang Benar

rahasia sukses bisnis online

Sebelum melihat ke luar dan merancang strategi marketing yang jitu, kenalilah bisnis yang Anda jalani terlebih dahulu. Setelah mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan secara mendalam, sesuaikan hal tersebut dengan media yang akan digunakan sebagai sarana promosi. Bila Anda membutuhkan media yang hanya berfungsi sebagai display produk sekaligus promosi yang dapat menjangkau orang banyak Facebook bisa menjadi pilhan yang tepat. Jika ingin  menonjolkan tampilan produk dari sisi yang lebih dekat dan lebih detail, Instagram merupakan opsi tepat karena dapat menampilkan foto berkualitas. Namun apabila bisnis Anda berupa jasa yang lebih sering berinteraksi secara intens dengan pelanggan, Twitter bisa menjadi media yang cocok. Lain halnya jika ternyata bisnis yang dijalankan membutuhkan portofolio yang bisa diakses kapan saja dan bersifat professional, website dapat menjadi pilihan media yang tepat.

Pemilihan sarana berjualan ini sangat penting, karena selain memudahkan pelangan dalam mencari informasi yang benar dari sumber utama, tentu juga akan berdampak baik bagi bagi pengelola bisnis. Tak perlu banyak me-maintain banyak akun untuk awal, cukup memokuskan diri pada satu platform dulu yang paling mewakili. Seiring dengan waktu dan makin meluasnya jaringan bisnis, Anda tentu boleh membuka memperbanyak akun, dengan catatan media yang dipakai pertama kali tetap menjadi tumpuan bagi pelanggan dalam mencari info-info terbaru dan terpercaya.

2. Jabarkan Produk Anda Secara Jelas dan Menarik

rahasia sukses bisnis online

Bukanlah hal mudah untuk meyakinkan seseorang yang sama sekali asing untuk dapat berbisnis bersama. Hal ini juga akan semakin sulit bila orang tersebut harus membayar terlebih dahulu sebelum menerima manfaat dari produk yang ditawarkan. Selalu ada risiko akan pembayaran yang tak sampai, penjual yang menghilang, atau kualitas produk yang ternyata tak sesuai dengan harapan. Pahamilah kekhawatiran-kekhawatiran pelanggan ini untuk semakin memperkuat konten marketing bisnis Anda. Dengan mendeskripsikan produk secara jelas dan menarik, konsumen akan mendapatkan gambaran yang lebih real tentang produk yang dijual, meskipun belum melihatnya secara langsung.

3. Manjakan Pelanggan

rahasia sukses bisnis online

Selalu siapkan budget untuk dapat memenangkan hati para pelanggan. Para pebisnis sukses sangat memahami kredo “Pembeli adalah raja” sehingga tahu bahwa semua pelanggan mereka ingin diperlakukan selayaknya seorang raja. Pelanggan selalu menuntut hal yang lebih dan menyukai kejutan-kejutan menyenangkan melebihi apa yang mereka harapkan. Sebagai contoh, berilah bonus saat membeli barang atau memberikan pelayanan lebih saat mereka setuju memakai jasa Anda. Percayalah, impresi yang positif dari satu orang, setidaknya akan menyebar ke lima orang dan lebih banyak lagi berkat kekuatan Word of Mouth (WoM).

Jika Anda belum mampu memberikan kejutan karena budget bisnis yang terbatas, nilai tambah tetap bisa dirasakan oleh pelanggan dengan pelayanan standar yang dilakukan secara optimal, seperti pengiriman barang yang lebih cepat dari biasanya, packaging yang lebih menarik dari para pesaing bisnis, atau sekadar catatan personal ucapan selamat ulang tahun atau terima kasih yang ditujukan langsung untuk mereka. Meski hanya dengan perlakuan-perlakuan kecil, loyalitas dari pelanggan akan terbangun karena kebaikan dan ketulusan yang terus Anda berikan.

4. Dapatkan Testimoni Pelanggan

rahasia sukses bisnis online

Setelah berhasil memenangkan hati pelanggan, rahasia sukses bisnis online selanjutnya terletak pada perjuangan untuk menjaga loyalitas mereka akan menjadi lebih menantang. Pelayanan yang prima dan after service yang sempurna harus senantiasa dijaga demi menanamkan kesan baik di hati mereka. Hal ini sangat penting agar pelanggan mau secara sukarela menuliskan pesan dan kesan positif mengenai pengalaman menggunakan produk Anda. Nantinya, pendapat tersebut dapat dimanfaatkan untuk meraih kepercayaan dari calon pelanggan baru.

Salah satu keuntungan memiliki sebuah bisnis yang berbasis di dunia online adalah, marketing dari mulut ke mulut yang selalu bisa dipublikasikan semaksimal mungkin. Berbeda dengan bisnis offline yang hanya bisa mengandalkan kabar dari mulut ke mulut yang lebih susah dikontrol, bisnis online memiliki kelebihan dapat memajang pujian-pujian yang penuh kepuasan pelanggan tanpa batasan waktu. Manfaatkanlah hal ini dan jadilah yang paling menonjol di antara kompetitor Anda.

Pebisnis online memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan pebisis offline. Untuk menjadi yang paling sukses di antara pesaing, hal yang harus terus dilakukan adalah memanfaatkan secara maksimal kelebihan-kelebihan tersebut. Dengan mempraktikkan cara-cara di atas sedini dan seefektif mungkin, bisnis online Anda akan semakin berkembang. (ana/editor: erlin)

To Top