Pengembangan Diri

10 Belanja Besar Semua Orang di Akhir Tahun

Menjelang tahun baru, apa saja yang biasanya dilakukan oleh rekan-rekan Indopreneurs? Memasuki penghujung tahun, sebagian dari kita mungkin sudah mulai membuat beberapa rencana menyambut tahun baru. Mendekati tahun baru, atmosfer liburan semakin terasa. Orang-orang akan mulai sibuk mempersiapkan segala macam perlengkapan dan kebutuhan untuk perayaan tahun baru.

Suasana libur panjang memang sudah dinanti oleh banyak orang. Jeda antara Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 1 Januari 2015 yang hanya berjarak satu minggu membuat banyak orang mengambil cuti panjang. Belum lagi, bonus akhir tahun yang menggiurkan bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan tertentu. Tentu hal ini akan semakin membuat perilaku masyarakat semakin konsumtif di akhir tahun. Namun, perilaku masyarakat yang konsumtif menjelang akhir tahun ini justru bisa menjadi salah satu peluang usaha tersendiri bagi para pebisnis yang lihai membaca peluang. Lalu, hal apa saja yang banyak dicari orang di akhir tahun dan kemana saja orang-orang menghabiskan uangnya menjelang tahun baru? Berikut ulasannya:

  1.   Liburan atau Traveling

Gambar 728

Traveling merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang di akhir tahun. Mengapa di akhir tahun banyak sekali orang yang ingin traveling? Di akhir tahun, tentu banyak orang yang butuh refreshing untuk menghilangkan kepenatan selama satu tahun bekerja. Sehebat apapun seseorang dalam bisnis dan karier, ia tetap manusia biasa yang membutuhkan liburan. Dengan traveling, kita bisa menyegarkan pikiran agar lebih rileks sehingga bisa kembali semangat dalam melaksanakan rencana-rencananya di tahun depan.

  1. Membeli  Kue dan Camilan

Gambar 729

Menjelang tahun baru, kue dan camilan menjadi hal yang paling banyak dicari orang. Berbagai jenis kue dan camilan selalu disiapkan sebagai bentuk persiapan menjamu tamu di akhir tahun. Kue-kue seperti nastar dan black forest biasanya banyak ditemui di ruang-ruang tamu rumah pada saat tahun baru tiba. Tamu-tamu yang datang pun tidak hanya dari pihak keluarga, melainkan juga rekan-rekan bisnis, teman kerja, hingga tetangga yang ingin mengadakan acara silaturahmi di akhir tahun. Di beberapa tempat, bahkan masih dijumpai ada beberapa keluarga besar yang masih menjalankan tradisi berkumpul di malam pergantian tahun untuk mengadakan acara silaturahmi di Indonesia .

  1. Berbelanja Pakaian

Gambar 730

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak pernah terlewatkan dalam setiap perayaan tahu baru. Hampir semua orang yang merayakan tahun baru menyisakan budget yang dimilikinya untuk berbelanja pakaian. Beberapa orang bahkan rela membeli pakaian dalam jumlah banyak dan berdandan maksimal saat menghabiskan malam tahun baru. Pakaian yang dicari oleh masyarakat tidak hanya pakaian orang dewasa, tetapi juga pakaian anak-anak.. Tidak heran jika pengusaha retail pakaian biasanya memberikan diskon besar-besaran di akhir tahun untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

  1. Menyewa Hotel

Gambar 731

Malam tahun baru juga ditandai dengan ramainya hotel atau tempat penginapan lainnya, terutama yang terletak di kawasan wisata. Keluarga yang memiliki budget besar biasanya tidak akan segan-segan menggunakan uangnya untuk menikmati malam tahun baru di sebuah hotel berbintang 4 atau 5. Di tahun baru, banyak hotel yang menyelenggarakan acara-acara menarik yang dapat menarik banyak pengunjung. Biasanya acara pementasan musik menjadi salah satu acara favorit yang dipilih oleh manajemen hotel untuk menarik pengunjung.

  1.  Menyiapkan Makanan Berat

Gambar 732

Selain menghidangkan kue dan camilan di malam pergantian tahun, banyak orang yang menghabiskan uangnya untuk membeli makanan berat. Makanan berat yang biasa dihidangkan misalnya Ayam Bakar, Rendang, Sosis Bakar, Ikan Bakar, dan lain sebagainya. Hidangan-hidangan tersebut bisanya menjadi pelengkap momen makan malam keluarga yang dapat menambah kehangatan suasana keluarga dalam menyambut tahun baru.

  1. Memberikan Angpao
Camera 360

Camera 360

Hal yang satu ini sebenarnya kalau dihitung-hitung bisa membuat kantong seseorang cukup terkuras di tahun baru. Ada sebagian keluarga yang berkumpul di malam pergantian tahun dan pada keesokan harinya saat sanak saudaranya akan pulang ke rumah masing-masing, anak-anak akan mendapatkan sejumlah uang atau angpao sebagai tanda rasa syukur atas rezeki yang diberikan selama satu tahun ini. Walaupun tradisi ini hanya dijalankan oleh sebagian keluarga besar saja namun akan tetap menjadi salah satu tradisi yang ditunggu di akhir tahun.

  1. Membeli Kembang Api

Gambar 734

Perayaan tahun baru tidak akan lengkap tanpa kehadiran kembang api. Bagi sebagian orang, pesta kembang api merupakan hal yang harus ada agar perayaan malam tahun baru semakin afdol. Meskipun harga kembang api menjelang malam pergantian tahun baru sering melonjak drastis, orang-orang tetap akan membeli kembang api. Tingginya permintaan kembang api di tahun baru ini mungkin dapat menjadi inspirasi peluang usaha bagi anda, rekan Indopreneurs.

  1. Membeli Minuman Beralkohol

Gambar 735

Pesta tahun baru juga biasanya tidak luput dari minuman beralkohol. Hampir setiap media massa memberitakan bahwa penjualan minuman beralkohol pada saat malam tahun baru selalu meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Walaupun saat ini di beberapa daerah penjualan minuman beralkohol secara bebas sudah dilarang, tetap saja ada sebagian orang yang akan mencarinya. Minuman beralkohol di malam tahun baru biasanya dinikmati bersama keluarga di rumah (dalam tradisi keluarga tertentu) atau di jalan-jalan.

  1.  Membeli Perabotan Baru

Gambar 736

Akhir tahun kadang menjadi momen untuk memperbaiki perabot rumah yang sudah mulai usang. Momentum tahun baru kadang dimanfaatkan untuk membuat desain dan tata ruang yang baru dengan perabot rumah yang baru pula. Dengan membeli perabot baru, suasana dan kesan di rumah akan ikut berubah menjadi lebih fresh. Hal ini tentu akan membuat mood perasaan menjadi lebih baik sehingga tahun baru akan dimaknai sebagai hari yang lebih baik dan penuh semangat.

  1.   Membelikan Mainan Anak

toys collection isolated on white background

Bagi orang yang sudah berkeluarga dan telah memiliki anak, malam pergantian tahun biasanya menjadi waktu yang tepat bagi para kedua orang tua untuk menunjukkan kasih sayang kepada anaknya. Salah satu wujud kasih sayang tersebut misalnya dengan cara membelikan hadiah mainan untuk anak. Di momen tahun baru, biasanya anak-anak menantikan adanya mainan baru yang bisa dimainkan selama waktu libur berlangsung. (leo/editor: erlin).

To Top