Gaya Hidup

Tips Rumah Aman Saat Mudik Lebaran

Halo sahabat Indotrading, hari raya Idul Fitri atau lebaran menjadi salah satu hari besar keagamaan besar bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Menjelang lebaran sebagian besar masyarakat menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk persiapan mudik. Satu minggu sebelum dan sesudah lebaran memang menjadi waktu bagi para pemudik untuk melakukan perjalanan mudiknya, namun hal yang terpenting juga saat mudik adalah persiapan menyiapkan rumah aman saat ditinggal mudik saat pulang kampung untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

Berikut tips rumah aman saat mudik lebaran

Sebelum meninggalkan rumah, hal yang terpenting yang bisa kamu persiapkan agar rumah aman saat ditinggal pulang kampung antara lain yang bisa kamu lakukan diantaranya.

  • Periksa semua jaringan listrik rumah

Untuk memastikan semua listrik di dalam dan luar rumah, kamu bisa memastikan pada semua lampu, saklar dan kabel listrik dalam kondisi baik tidak ada sambungan yang rusak.

  • Periksa perlengkapan kompor gas di dapur

Periksa semua kondisi ruang dapur terutama yang paling penting yaitu kompor gas yaitu pastikan tabung gas sudah terlepas dari selang kompor gas, sehingga tidak khawatir lagi untuk ditinggalkan.

  • Cek semua kunci ¬†jendela dan pintu

Untuk memastikan jendela dan pintu terkunci, kamu bisa langsung mengecek semua kondisi kunci apakah sudah terkunci semua atau belum. Dan pastikan semua jendela dan pintu sebaiknya juga dipasangkan teralis jendela agar lebih aman.

  • Amankan semua barang-barang berharga

Yang tidak kalah penting saat meninggalkan rumah yaitu memastikan semua barang berharga di dalam rumah seperti surat berharga dan barang yang berharga seperti perhiasan dan benda elektronik agar tersimpan dengan baik di dalam rumah, brankas atau penitipan barang.

  • Pasang CCTV untuk keamanan

Untuk mengetahui semua kondisi dalam dan luar rumah kamu bisa pasang cctv pada bagian rumah tertentu yang berfungsi untuk merekam segala sesuatu kondisi rumah kamu. Di era yang canggih seperti sekarang ini, kamu juga bisa langsung memantau kondisi rumah dari handphone kamu dengan cctv yang terkoneksi dengan handphone kamu.

  • Sebelum meninggalkan rumah beritahu tetangga atau security

Hal yang tidak kalah penting sebelum meninggalkan rumah yaitu untuk selalu memberitahukan ke lingkungan terdekat seperti tetangga, keluarga dan jika ada lapor ke bagian keamanan komplek rumah Anda biasanya bisa langsung lapor ke Security.

Dari beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik diatas, bisa kamu lakukan sehingga rumah aman saat mudik, sehingga perjalanan mudik akan nyaman dan tenang serta semua kegiatan silaturahmi saat Idul Fitri bisa lebih menyenangkan tanpa khawatir dengan keadaan rumah yang ditinggalkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin