Gaya Hidup

Tips Mudik Aman dan Nyaman Lebaran 2019

tips mudik aman lebaran 2019

Halo sahabat Indotrading, sudah siapkah untuk mudik lebaran tahun ini ? Agar segala sesuatunya akan lebih mudah, coba simak tips mudik aman dan nyaman lebaran 2019 yang tidak lama lagi dirayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dan dunia. Seperti banyak dibahas pada berbagai berita dan informasi lainnya, mudik adalah tradisi  oleh sebagian masyarakat di Indonesia yang merantau atau dalam istilah kerennya yaitu penduduk migran yang melakukan perjalanan baik darat, laut dan udara dengan bertujuan pulang ke kampung halamannya di saat waktu menjelang perayaan hari raya Idul Fitri yang berlangsung setiap sekali.

Jenis alat transportasi apa saja yang jadi favorit saat mudik lebaran ?

Ada banyak jenis kendaraan yang sering menjadi pilihan utama bagi pemudik dan jadi alternatif transportasi saat mudik lebaran diantaranya sepeda motor, bus, mobil pribadi, pesawat terbang, kapal laut dan kereta api.

Dari beberapa alat transportasi  tersebut sebaiknya sebelum digunakan untuk menempuh jarak jauh ratusan hingga ribuan kilometer, kamu harus mempersiapkan segala kondisi  kendaraan tersebut, apalagi kendaraan milik pribadi sehingga pastikan semua kondisi mesin, roda, lampu, rem dan semua kelengkapan pada kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil Anda sudah dalam kondisi sangat baik.

Cara cek kendaraan agar tetap aman dan nyaman digunakan saat perjalanan mudik.

Mungkin tidak terlalu banyak orang yang sadar dan sering memperhatikan kondisi kendaraannya sehingga akan beresiko terjadinya kendala-kendala saat digunakan.

Nah bagaimana cara cek kendaraan sepeda motor dan mobil biar tetap aman dan nyaman saat digunakan untuk menempuh perjalanan mudik ratusan hingga ribuan kilometer ? Caranya mudah sebenarnya, berikut langkah-langkahnya :

  1. Cek oli mesin, masih cukup baik atau tidak bisa dilihat dari warna oli yang kamu gunakan, misalkan warna sudah pekat hitam, maka sebaiknya harus segera diganti dengan yang baru sesuai dengan jenis oli mesin yang sesuai dengan standar penggunaan.
  2. Cek rem, semua bagian rem kamu harus cek dengan benar dan seksama dengan cara mencobanya terlebih dahulu, kampas rem belakang dan depan sebaiknya masih dalam kondisi yang tebal atau masih layak digunakan.
  3. Cek klakson, salah satu aksesoris kendaraan ini sangatlah penting karena digunakan untuk memberikan isyarat pada semua kendaraan yang mungkin menghalangi atau mengganggu jalan dan setiap orang yang melintas di jalan yang akan kita lalui.
  4. Cek kondisi ban dalam dan luar, karena ban merupakan salah satu bagian terpenting juga pada mobil dan sepeda motor, jika ban luar terlihat sudah hilang motifnya, berarti ban kendaraan kamu sudah tipis, jadi ganti terlebih dahulu agar perjalanan kamu lancar.
  5. Jika sepeda motor, maka cek juga rantai dan gear kamu dan pastikan masih dalam kondisi yang baik karena bagian ini merupakan bagian yang penting juga, karena rentan putus rantai di tengah jalan jika kondisinya tidak bagus.
  6. Terakhir pastikan saat kamu berkendara atau melakukan perjalanan mudik kamu sebaiknya membawa juga perlengkapan kunci atau perkakas bengkel yang standar digunakan saat keadaan darurat.

 

Namun dari beberapa hal yang bisa kamu lakukan pengecekan kondisi pada kendaraan kamu, ada hal yang lebih penting diantaranya penggunaan sabuk pengaman mobil dan helm sepeda motor serta selalu berhati-hati dalam mengendarai kendaraan Anda. Selain kondisi motor, pastikan alat pengaman diri terlengkapi juga seperti helm, jaket dan lainnya. Untuk mobil, jangan lupa perlengkapan keamanan saat berkendara. Misal ban cadangan, segitiga pengaman dan lainnya lengkap dan tersedia saat dibutuhkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin