Insight

Apa Itu UPS? Ini Manfaat dan Jenis-jenisnya yang Harus Anda Ketahui

UPS

Mengenal apa itu UPS? news.indotrading.com — Komputer merupakan salah satu alat yang paling banyak digunakan untuk bekerja saat ini. Namun, perangkat elektronik ini sangat rentan terhadap masalah ketidakstabilan arus dan tegangan listrik. Selain bisa menyebabkan kerusakan perangkat, ketidakstabilan arus dan tegangan listrik bisa membuat Anda kehilangan data jika belum sempat menyimpan data ketika listrik padam mendadak. Untuk itu, sangat diperlukan UPS untuk mengamankan fungsional peralatan elektronik, terutama komputer. Lantas, apa itu UPS?

Anda direkomendasikan menghubungkan daya komputer ke Uninterruptible Power Supplies (UPS). Fungsi utama alat ini adalah melindungi dan menjaga kestabilan arus tegangan listrik ketika sedang mengoperasikan komputer. Sebab, bagian power supply komputer sangat rentan ketidakstabilan arus listrik. Jika tidak segera diatasi, masalah dapat menyerang komponen motherboard komputer Anda. Pada gilirannya, komputer mati total dan Anda kehilangan semua data-data pekerjaan. 

Masih bingung dan ingin tahu lebih detail tentang perangkat yang satu ini? Mari simak pembahasan selengkapnya seputar UPS berikut ini!

Apa itu UPS?

Apa Itu UPS

UPS merupakan perangkat elektronik yang mampu menyediakan cadangan listrik untuk sementara ketika arus listrik utama terputus. Alat ini dibutuhkan untuk memberikan perlindungan hampir sesaat ketika terjadi pemutusan sumber listrik. Perangkat UPS dapat digunakan untuk melindungi segala jenis alat elektronik yang sensitif terhadap ketidakstabilan arus dan tegangan listrik. 

Namun, pada umumnya alat ini digunakan untuk melindungi komputer supaya ketika terjadi kehilangan daya secara mendadak. Anda masih sempat mematikan komputer secara benar untuk menghindari kerusakan, baik software dan hardware komputer Anda.

Jenis – jenis UPS

Saat ini, banyak produk UPS yang telah beredar di pasaran dengan spesifikasi dan keunggulan masing-masing. Untuk pilihan yang terbaik, Anda bisa memilih dari platform supplier terbaik di Indonesia, yaitu indotrading.com. Melalui platform ini Anda lebih banyak tahu jenis-jenisnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi perangkat elektronik Anda. Namun, secara umum ada beberapa jenis UPS yang umum dijumpai, antara lain:

1. UPS Standby

UPS Standby merupakan jenis yang paling banyak digunakan di rumah-rumah. Jenis yang satu ini cocok dipakai ketika Anda menggunakan alat-alat elektronik sederhana. Keunggulan UPS Standby adalah memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. 

2.UPS Line Interactive

UPS Line Interactive merupakan jenis UPS yang dipakai untuk para pemilik bisnis kecil yang sudah membutuhkan jumlah arus listrik yang lebih besar dari standar rumahan. Keunggulan UPS line interactive adalah memiliki tingkat reliabilitas yang lebih tinggi. Selain itu, UPS ini mampu menyesuaikan jumlah voltase yang lebih tinggi dari peralatan-peralatan elektronik sehingga lebih aman dipakai.

3. UPS Double Conversion Online

UPS Double Conversion Online merupakan jenis UPS dengan ketersediaan daya yang lebih dari 10 kVA. Jenis UPS ini memiliki kesamaan dengan tipe UPS Standby, hanya saja tipe ini memiliki sumber tenaga utama yang terletak pada Inverter dan bukan pada sumber listrik AC. 

4. UPS Delta Conversion Online

Uninterruptible Power Supplies Delta Conversion Online merupakan bentuk teknologi Konversi Ganda (double conversion) yang telah diperbaharui dan tersedia dengan daya 5 kVA sampai 1,6 MW. Perangkat ini memiliki kemiripan dengan tipe double conversion yaitu menggunakan Inverter untuk selalu memasok voltase. Saat supply tenaga terputus, UPS ini akan melakukan hal yang sama dengan tipe double conversion dan segera menyediakan daya listrik cadangan yang dibutuhkan agar perangkat elektronik tetap menyala. 

Cara Menggunakan UPS

Bagi Anda yang pertama kali tahu tentang UPS, mungkin masih merasa bingung mengenai cara menggunakannya. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Periksa kapasitas UPS dan sesuaikan dengan beban, misalnya kapasitas UPS 650 VA cocok untuk komputer 1 unit plus modem
  • Ketahui spesifikasi beserta jenis UPS, misalnya untuk Uninterruptible Power Supplies Line Interaktif, maka periksa keberadaan AVR. Jika sudah ada, maka Anda tidak perlu lagi memasang stabiliser untuk menstabilkan tegangan.
  • Memeriksa tegangan input mulai dari phase, neutral, dan tegangan antara neutral dan grounding.
  • Baca dengan seksama buku petunjuk mulai cara menyalakan agar tidak terjadi kesalahan
  • Perhatikan tombol on/off kemudian nyalakan dengan menekan tombol apabila sudah siap
  • Nyalakan komputer atau perangkat lain yang membutuhkan UPS
  • Perhatikan lamanya proses backup UPS

Keuntungan Menggunakan UPS

Apa Itu UPS

Dengan UPS, maka perangkat elektronik akan menjadi lebih stabil dalam menerima asupan arus. Jadi, peralatan lebih awet dan tidak cepat rusak. Tapi, ada beberapa keunggulan lain ketika Anda menggunakan perangkat ini seperti:

  • Perangkat elektronik menjadi tahan lama karena arus tetap stabil ketika terjadi pemadaman listrik secara mendadak.
  • Mendukung penggunaan untuk mesin genset dan diesel yang arusnya cenderung tidak stabil.
  • memberikan arus cadangan apabila tiba-tiba sumber arus mati atau terputus.
  • Memiliki fungsi backup data yang bisa membantu para pengguna komputer dan server terbebas dari kehilangan data yang penting.
  • Menghemat penggunaan energi listrik

Baca juga: Bukan Hanya untuk Ukur Suhu Tubuh, Inilah 10 Macam Termometer yang Perlu Anda Ketahui!

Dari uraian mengenai UPS di atas, maka Anda sudah mengetahu apa itu UPS, manfaat serta jenis-jenisnya, bisa dipastikan hampir setiap rumah yang menggunakan peralatan elektronik super sensitif membutuhkan mesin ajaib yang satu ini. Temukan supplier UPS yang terverifikasi dan bisa diandalkan hanya melalui platform Indotrading.com. 

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=fSn83s7Bfe4″ lightbox=0 lightboxsize=1 lightboxwidth=960 lightboxheight=540 autoopen=0 autoopendelay=0 autoclose=0 lightboxtitle=”” lightboxgroup=”” lightboxshownavigation=0 showimage=”” lightboxoptions=”” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 autoplay=0 loop=0 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://news.indotrading.com/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

 

 

To Top