Digital Marketing

Cara Ampuh Mengatasi Malware di WordPress, Website dan Perangkat Komputer Anda

malware

Malware masih menjadi momok bagi pengguna internet sampai saat ini. Terlebih lagi, di masa sekarang, hampir setiap pekerjaan membutuhkan perangkat komputer dan jaringan internet karena sangat mudah dapat diakses oleh semua orang. Faktor keamanan perangkat harus ditingkatkan karena malware cukup membahayakan bagi seluruh data penting yang terdapat di perangkat komputer yang terhubung dengan internet.  Berikut ini, akan dibahas lebih lanjut penyebab dan cara mengatasi malware di website, wordpress, maupun perangkat Anda!

Pengertian Malware  

malware

Malicious Software (Malware) adalah suatu perangkat lunak yang dirancang dengan memiliki tujuan untuk merusak sistem pada jaringan komputer ataupun server tanpa diketahui oleh pemiliknya. Selama ini, kebanyakan orang hanya akrab dengan istilah virus. Namun, penggunaan istilah virus kurang tepat, karena dasarnya virus termasuk ke dalam salah satu dari bentuk malware.

Malware terdiri dari virus, trojan, dan worm yang sebagian besar adalah spyware, rootkit, adware, dan software lainnya yang tidak diharapkan oleh para pengguna komputer. Malware sangat membahayakan jaringan komputer karena dapat merusak melalui internet, e-mail, website, dan program-program yang terinstall di komputer. 

Malware sangat berkemungkinan untuk mencuri data dan informasi pengguna komputer ketika melakukan unduhan suatu file atau software, khususnya yang berasal dari tempat ilegal. Melalui malware, seorang hacker bisa saja mencuri bermacam data pribadi seperti password dan juga akun bank.

Penyebab Malware

malware

Malware secara umum dapat disebabkan karena perangkat lunak atau software yang diunduh dari website ilegal kemudian diinstall pada komputer atau laptop. Selain itu, malware juga bisa berasal dari transaksi pada website yang tidak bertanggung jawab.

Malware tidak hanya menyerang pada perangkat komputer saja, melainkan bisa menyerang website juga. Ada banyak penyebab bagi suatu website sehingga bisa diserang oleh malware, salah satunya adalah karena penggunaan CMS pada WordPress. Tindakan ini biasa dilakukan pengguna saat mengunduh tema dari website yang tidak resmi. Contoh website yang tidak resmi seperti Downloadfreethemes. Pada website tersebut menyajikan banyak tema premium namun sebelumnya sudah di-inject script malware. Script tersebut seperti wp-vcd.php dan functions.php di Directory Themes

Cara Mengatasi Serangan Malware 

Setelah mengetahui tentang malware dan juga gambaran bahaya yang ditimbulkan oleh perangkat lunak ini, maka sebagai pengguna komputer dan internet sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara yang dapat dilakukan dalam mencegah atau mengatasi apabila komputer terinfeksi oleh malware.

Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi malware apabila sudah tersebar dan menginfeksi komputer Anda :

1. Mengatasi Malware pada WordPress

malware

Anda dapat menggunakan Wordfence melalui wordpress untuk menghilangkan malware yang terdapat pada perangkat komputer atau laptop Anda. Wordfence merupakan plugin yang berasal dari wordpress sebagai pemindai dan juga membersihkan virus pada komputer.
Anda perlu membuat file cadangan dan database yang dimiliki lalu melakukan scan instalasi pada wordpress dengan menggunakan wordfence. Setelah melakukan scan, Anda harus memperbarui instalasi wordpress tersebut.

2. Mengatasi Malware pada Website 

malware

Anda mungkin pernah mengalami ketika website Anda secara tiba-tiba error dan muncul pesan yang mengatakan bahwa website berisi program berbahaya. Keadaan tersebut bisa jadi karena website yang Anda miliki terjangkit malware. Artinya, malware bisa menyebabkan website Anda kehilangan banyak traffic dan kerugian lainnya.

  1. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah mencari penyebabnya terlebih dahulu dengan bantuan layanan Sucuri Security Tool yang menyediakan jaminan keamanan website yang cukup dapat dipercaya dan lengkap. Dengan menggunakan tool ini, Anda dapat menemukan malware yang menginfeksi website Anda.
  2. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan wordfence untuk membantu melakukan scanning pada website agar dapat segera menemukan file yang berbahaya. Selain itu, Anda dapat mengganti file yang sudah rusak dengan file baru yang bersih dari malware.
  3. Langkah lain yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan website adalah dengan menggunakan submit website. Cara ini berguna untuk meminta Google melakukan review terhadap website yang Anda miliki.

3. Mengatasi Malware pada Desktop

malware

Malware sering menyerang komputer atau perangkat desktop yang Anda miliki. Faktornya bisa karena para pengguna komputer sering melakukan akses atau mengembangkan situs website yang akan diunggah pada server website menggunakan FTP. Maka dari itu, Anda harus memastikan tidak adanya malware sebelum melakukan aktivitas tersebut. Apabila sudah masuk ke dalam folder pada komputer Anda, maka malware semakin lama akan semakin menyebar.

Anda harus melakukan pemindaian terhadap folder Anda karena bisa jadi malware tersembunyi pada setiap file yang Anda miliki. Pastikan Anda memindai satu persatu file yang Anda miliki untuk mencegah malware terus menyebar di perangkat komputer. Sebelumnya, Anda juga harus memastikan telah membuat cadangan semua data penting agar tidak hilang ketika tiba-tiba terjadi serangan atau infeksi dari malware. Pastikan data-data penting Anda aman terlebih dahulu.

Ketika melakukan pembersihan malware pada komputer atau desktop, pastikan Anda telah memutus semua koneksi internet pada komputer Anda, karena secara tidak langsung dapat membantu untuk memutus segala koneksi masuknya malware pada komputer Anda.

Gunakan aplikasi software anti-virus yang baik untuk membantu Anda melakukan scan secara menyeluruh. Dengan demikian, semua malware yang ada bisa terhapus secara otomatis. Anda juga harus selalu mewaspadai semua program yang tampak mencurigakan atau tidak Anda kenali sama sekali. Hapus program-program tersebut untuk mencegah penyebaran dari malware.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Perusahaan Harus Punya Website Sendiri

Nah, mengingat malware bisa menjadi ancaman berbahaya bagi pengguna dan data pribadi di perangkat komputer. Maka itu, lebih baik melakukan scan secara berkala untuk mencegah adanya malware pada komputer maupun website yang Anda miliki. 

To Top