Advert

Apa Itu Mesin Press? Kenali Jenis-Jenis Mesin Press dan Cara Merawatnya!

Dalam suatu industri tertentu, peran dan info mesin press amatlah penting. Mesin ini dipakai guna mempermudah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Komponen-komponen mesin ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dipakai dengan praktis. Di samping itu, terdapat begitu banyak varian mesin press. Jenis-jenis mesin press yang beragam tentu dapat menjawab seluruh kebutuhan Anda. 

Pengertian dan Info Mesin Press 

Mesin press merupakan jenis mesin yang dibuat guna menghasilkan tekanan tinggi serta diaplikasikan guna menekan dan mempermudah pekerjaan manusia. Misalnya, mengangkat, mendorong maupun menghancurkan sesuatu. Di samping itu juga terdapat beberapa mesin press yang dapat dipakai untuk membengkokan lembaran logam serta menghasilkan lembaran metal. 

Sejatinya fungsi mesin press menyesuaikan dengan jenis-jenisnya. Untuk jenis mesin press manual biasanya dipakai untuk membengkokan maupun membentuk semacam plat tipis setebal kurang dari 2 mm. Umumnya plat tipis tersebut berbahan dasar alumunium sehingga mudah sekali dibentuk atau dibengkokan. 

Jika Anda bekerja atau memiliki usaha di bidang industri, pasti tidak jauh-jauh dari kebutuhan akan mesin press. Jangan lupa untuk berkenalan lebih dulu dengan variasi mesin press sebelum memilih. 

Jenis-Jenis Mesin Press 

Terdapat begitu banyak variasi mesin press yang erat kaitannya dengan dunia industri. Dengan demikian, beberapa info mesin press berikut sangat umum dijumpai di wilayah pabrik dan perkantoran tertentu. Ragam mesin press tersebut di antaranya: 

  • Mesin Press Hidrolik

Ini merupakan jenis mesin press yang proses kerjanya berhubungan dengan Hukum Pascal. Maksudnya, mesin ini bekerja dengan memanfaatkan adanya tekanan pada cairan hidrolik dengan tuas yang dipakai guna menekan kembali ke bagian sisi lain. Sehingga terjadilah proses pengepresan atau penekanan. Mesin press ini juga memiliki beberapa komponen penting. 

Komponen penting dari mesin press hidrolik diantaranya silinder, piston, pipa, hidrolik, cairan oil dan sejumlah komponen pendukung lain. Untuk komponen silindernya sendiri, mesin press ini memiliki dua silinder yaitu silinder besar dan kecil. Jika dilihat dari sisi ketahanannya, maka mesin press satu ini berdaya tahan sangat bagus dan sangat awet. Terlebih apabila dibandingkan dengan mesin press electrical. 

  • Mesin Press Mekanikal

Ini adalah jenis mesin press yang amat populer untuk skala industri. Tentu Anda sering menjumpainya di berbagai pabrik. Mesin press ini mampu menjadikan seluruh pekerjaan kian ringan serta gampang sekali diaplikasikan. Dengan demikian, operator tidak perlu membuang begitu banyak tenaga demi mengoperasikan mesin press ini.

Ada begitu banyak info mesin press mekanikal yang dipakai di dunia industri. Mulai dari skala kecil sampai skala yang besar. Contohnya, untuk membantu berjalannya industri pembuatan kertas box rumah lampu, silent box, kitchen set, safety box dan sebagainya. Selain itu, mesin press ini juga berperan penting dalam dunia otomotif seperti pembuatan bak bagian belakang truk serta membuat body mobil. 

  • Mesin Press Manual 

Mesin press satu ini memanfaatkan sistem kerja sederhana dengan tenaga dorong maupun pompa manual. Secara tidak langsung mesin press manual menggunakan tenaga manusia untuk sumber tenaga yang dihasilkan. Cara pemakaian mesin press ini juga relatif gampang. Anda hanya perlu menggerakkan tuas ke atas dan ke bawah saja. Saat itu juga Anda akan merasakan tekanan yang semakin berat.

Untuk persoalan harga pastinya mesin press manual jauh lebih terjangkau ketimbang sejumlah mesin press lainnya. Hanya saja mesin press ini mempunyai sedikit saja fungsi karena menggunakan sumber tenaga dari manusia. Mesin press ini sebatas memiliki fungsi guna membentuk plat besi serta membengkokkannya dengan ketebalan hanya sampai 2 mm saja. 

Cara Merawat Mesin Press 

Setelah mengetahui pengertian, fungsi serta berbagai variasi mesin press, maka berikutnya Anda perlu menyimak bagaimana cara untuk merawat mesin press tersebut. Beberapa langkah perawatan berikut merupakan cara paling umum yang dapat dipakai untuk berbagai mesin press. 

  • Periksa Kebocoran Oil 

Penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan secara berkala jika terdapat kebocoran oil. Sebab kebocoran oil sedikit saja bisa menyebabkan permasalahan yang cukup rumit. Terutama mesin press hidrolik. Kebocoran semacam itu tidak boleh sampai terjadi. Setiap fitting yang telah longgar perlu dikencangkan kembali dan upayakan agar senantiasa bersih dari kebocoran. Kebersihan harus terjaga. 

  • Perhatikan Bagian Sekrup 

Selain waspada terhadap adanya kebocoran oil, ternyata memperhatikan bagian sekrup juga penting dilakukan. Longgarnya sekrup tentu bisa menjadi suatu permasalahan yang besar terlebih apabila penanganan permasalahan ini tidak segera dijadwalkan. Jika hal ini sampai terjadi nantinya akan menyebabkan guncangan maupun getaran pada mesin press. 

  • Perhatikan Suhu Pemanas

Pastikan saat memanaskan mesin press Anda harus benar-benar memperhatikan suhunya. Periksa suhu secara berkala dan patuhi suhu standar untuk menjalankan mesin press. Adapun ideal suhu mesin press ialah 48 derajat celcius. Pastikan suhu terus stabil hingga proses pengepresan terjadi dan mampu membuahkan hasil terbaik. 

  • Kebersihan 

Sebaiknya Anda terus memperhatikan dan memastikan kebersihan mesin press. Mesin press yang bersih tentu akan sangat nyaman dipakai. Jalannya proses pengepresan juga sangat baik nantinya. Selain itu, kebersihan mesin press juga akan menjamin lingkungan kerja untuk tetap aman serta mampu menghindarkan dari risiko kecelakaan kerja. 

Jenis-jenis mesin press memang cukup beragam. Mulai dari mesin press hidrolik, mekanikal hingga manual. Mesin-mesin press ini sangat familiar dalam bidang industri. Tentunya jika Anda bekerja di dunia industri pasti akan membutuhkan info mesin press. Untuk mencari supplier mesin press, Anda bisa memesannya di Indotrading. Pastikan Anda membeli mesin press untuk kebutuhan Anda hanya dari supplier terpercaya.

To Top