Worcas Kopi: Tawarkan Kopi Nusantara Berkelas Dunia

Sejak lama, kopi nusantara memang sudah terkenal akan cita rasanya yang nikmat. Bahkan bagi masyarakat Indonesia, kopi bisa dikonsumsi setiap hari sehingga menjadi sebuah menjadi gaya hidup. Untuk itu, tak salah jika kopi asal nusantara ini telah memiliki tempat tersendiri bagi para penikmatnya.

Baca juga: Balon Angkasa: Pelopor Industri Balon Udara Promosi yang Laris Manis Hingga Singapura

Kopi asal Indonesia bahkan telah terkenal hingga ke mancanegara karena kualitasnya yang istimewa. Namun, tak banyak yang tahu bahwa Indonesia merupakan negara penghasil kopi nomor empat terbesar di dunia. Bahkan salah satu jenis kopi Indonesia memiliki peringkat pertama sebagai kopi kualitas terbaik. Karena hal itu banyak pecinta kopi di negeri ini dan dapat menciptakan sebuah peluang bisnis yang menguntungkan serta menjanjikan.

Di Indonesia sendiri, para pengusaha kopi tersebar di beberapa wilayah. Tak hanya diolah dari skala industri rumahan, kopi Indonesia juga telah diolah melalui teknologi modern. Salah satu pengusaha muda yang menggeluti bisnis kopi ialah Roy Sevelt. Di tangannya, bisnis kopi yang diberi merek Worcas Kopi ini mulai berkembang dengan pesat.

Lanjutkan Usaha Keluarga

Awalnya, Roy terjun ke bisnis ini karena ingin melanjutkan bisnis keluarganya. Sudah menjadi tradisi di keluarganya bahwa bisnis kopi keluarga ini diturunkan secara turun-temurun. Bisnis Kopi Worcas ini didirikan oleh kakeknya, kemudian dilanjutkan oleh ayah Roy, dan kini ditangani oleh Roy sendiri.

Baca juga: Laku Dibeli Kolektor Hingga Menteri, Gitar Bambu Adang Juga Sampai ke 12 Negara

“Saya dari awal memang sudah jualan biji kopi. Dulu karena keluarga kita memang pengusaha kopi. Kita sudah tiga generasi. Dari kakek, ayah saya, dan saya generasi ketiga,” ungkap Roy kepada Indotading.com.

Roy fokus menggeluti bisnis kopi keluarganya ini sejak tahun 2013 yang lalu. Meski begitu, Roy mengatakan bahwa ia menjalankan bisnis kopi ini bukan semata-mata karena terlahir di keluarga pengusaha kopi. Pria kelahiran kepulauan Riau ini mengatakan bahwa sudah lama ia memiliki hobi minum kopi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan terkuatnya kenapa ia mendirikan Worcas.

Baca juga: Decopath: Bisnis PIring dan Gelas Bekas Ala Diah yang Bernilai Jutaan Rupiah

“Mungkin berawal karena saya suka sekali minum kopi. Jadi yaudah saya jalani usaha ini. Kalo hobi ternyata bisa menghasilkan duit ya kenapa ngga,” jawabnya antusias.

Kepiawaiannya dalam mengolah kopi pun sudah tidak diragukan lagi. Sejak kecil, Roy memang sudah menunjukkan ketertarikannya di bidang kopi. Roy pun tak segan-segan membantu usaha kopi keluarganya ini mulai dari membantu di bidang produksi,  hinga menjual kopi secara langsung.

Dari kecil saya sudah biasa bermain-main dengan kopi. Bantuin ayah saya jualan kopi, produksi kopi. Ya, jadi kenapa nggak saya kembangkan usaha ini,” kenang Roy.

Tawarkan Kopi Nusantara Berkelas Dunia

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Sebetulnya, hal ini dipengaruhi oleh letak Indonesia yang strategis. Indonesia merupakan salah satu negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Artinya Indonesia memiliki iklim tropis yang sangat cocok digunakan sebagai tempat menanam berbagai tanaman perkebunan, salah satunya tanaman kopi.

Dari Sabang sampai Merauke Indonesia menghasilkan biji kopi spesial. Setiap Daerah menghasilkan kopi yang beragam dengan kualitas super. Sebut saja kopi Gayo, kopi Toraja, Bali, dan kopi Aceh. Kopi-kopi inilah yang ditawarkan Worcas kepada para pelanggannya.

“Kita jual kopi nusantara yan didatangkan dari berbagai wilayah, ada kopi Luwak, Mandailing, kopi Gayo dari Medan, kopi Aceh, kopi Toraja, dan kopi Jawa,” ucap Roy menyebutkan.

Meski Worcas menawarkan kopi berkualitas premium yang didatangkan dari berbagai daerah namun ternyata kopi Gayo yang banyak dicari konsumen baik dalam dan luar negeri.

“Dari semua kopi yang kita jual, yang paling laku adalah kopi Gayo itu penjualannya yang paling kenceng. Tapi yang menjadi trademark Worcas sendiri kopi luwak. Dan di produk kopi luwak yang paling kenceng penjualannya juga kopi luwak Gayo,” paparnya.

Jelajah Pasar Asia.

Tidak puas dengan hanya menjual kopi premiumnya di Indonesia, Worcas pun ingin melebarkan sayapnya ke pasar Asia. Worcas bahkan berupaya untuk memperkenalkan kualitas kopi super milik Indonesia ke seluruh mancanegara.

Meski tidak mudah, Worcas terus mengembangkan bisnisnya hingga merek kopi ini semakin dikenal masyarakat dunia. Selain originalitas produk, kerja keras juga mutlak diperlukan. Hal inilah yang memacu Worcas untuk berjuang ekstra demi meyakinkan pembeli bahwa produk yang mereka tawarkan benar-benar berkualitas premium.

Untuk mengembangkan bisnisnya ini, Worcas menerapkan berbagai strategi. Salah satunya ialah dengan membuat kemasan kopi yang mewah sehingga menghadirkan kesan kopi premium. Roy  tidak hanya mengemas kopi dalam bentuk kemasan plastik biasa, namun membungkus rapi kopi-kopi tersebut ke dalam sebuah kotak.

Di dalam kotak tersebut, Roy juga melampirkan sertifikat mengenai keaslian kopi tersebut. Berkat kemasan yang terlihat unik dan mewah ini, Worcas pun sukses memberikan kesan elegan untuk brand-nya. Tak heran jika kini Worcas telah melanglang buana ke pasar Asia dari China hingga Taiwan.

“Kita masih daerah Asia aja sih. Paling banyak itu negara China dan Taiwan,” ungkapnya.

Harga produk yang ditawarkan Worcas cukup beragam. Bagi sebagian orang, harga ini mungkin terkesan mahal. Namun bagi penikmat kopi sejati, harga yang dibayarkan akan lunas terbayar dengan kualitas kopi yang didapatkan.

“Harga yang ditawarkan relatif sih itu tergantung kopinya. Kalau untuk kopi biasa itu sekitar Rp300 ribu ampai Rp400 ribu per kg. Kalau untuk kopi luwak itu sekitar 1 sampai 3 juta per kg,” pungkas Roy mengakhiri.

Kunjungi youtube kami di https://www.youtube.com/indotrading

Penulis: Kumi Laila       Editor: Erlin Dyah Pratiwi

0 Comments Lihat semua →


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *