SUKSES Workshop Bersama Google dan Indotrading

        Bertempat di Hotel Le Grandeur Mangga Dua, Sabtu, 12 Desember 2015, Google dan Indotrading menyelenggarakan acara workshop dengan tema “Tingkatkan Omzet Bisnis Bersama Google dan Indotrading”.

IMG_9597

        Acara yang dimulai pukul 09.00 ini dibuka dengan perkenalan dua orang perwakilan dari Small Medium Business Department Google Singapura yaitu Purnomo dan Jennifer. Purnomo sendiri saat ini menjabat sebagai Small Medium Business Services Manager di Singapura. Dalam presentasinya, Jennifer & Bapak Purnomo menjelaskan beberapa keunggulan yang bisa didapatkan jika seorang pebisnis menggunakan Google AdWords sebagai layanan iklan bisnis mereka:

  1.      Search Query dan Kata Kunci yang Dicocokkan

Kata kunci merupakan salah satu aspek terpenting saat beriklan di dunia maya, meskipun bukan menjadi satu-satunya aspek penentu. Sementara itu, search query adalah kata kunci yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Menyesuaikan kata kunci yang digunakan oleh Rekan Indopreneurs dengan search query akan membuat iklan AdWords berfungsi secara optimal.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Penyesuaian kata kunci yang digunakan dengan search query adalah proses penyamaan persepsi. Kata kunci yang digunakan harus merujuk pada kecenderungan penggunaan internet dengan melihat kata kunci apa saja yang paling sering dicari. Pencocokan antara search query dengan kata kunci ini bisa dilakukan oleh pihak Indotrading selaku perusahaan yang sudah resmi menjadi Google Premier Partner.

 IMG_9645

  1.      Pengaturan Waktu yang Tepat

Seperti halnya beriklan di televisi, beriklan dengan menggunakan Google AdWords juga memiliki prime time pada jam-jam tertentu. Hal ini sebabkan karena Google mengetahui kapan saat para pengguna internet mencari produk-produk yang ingin dibelinya. Dengan mengetahui waktu yang tepat, tentu optimasi iklan dapat dilakukan dengan lebih baik.

Mengenai pengaturan waktu tayang, hal tersebut dapat Rekan Indopreneurs komunikasikan kepada pihak Indotrading yang sudah menjadi Google Premier Partner. Selain itu, pengaturan waktu untuk publikasi iklan juga dilakukan oleh Google agar pengguna internet tetap merasa nyaman saat berselancar di dunia maya. Tak bisa dipungkiri bahwa ada sebagian pengguna internet yang merasa kurang nyaman apabila iklan terlalu sering muncul di internet.

  1.      Letak Iklan yang Strategis

Jika kata kunci dan waktu tayang iklan sudah dibahas, poin ketiga yang menjadi bagian dari pembahasan ini ialah letak iklan. Letak iklan akan berpengaruh pada banyaknya konsumen yang akan melakukan inquiry atau melakukan panggilan telepon kepada Rekan Indopreneurs. Letak iklan Google AdWords berada di atas pencarian organik dan di sebelah kanan pencarian organik pada setiap halamannya.

Dengan iklan adWords yang dikelola oleh profesional dari Indotrading, Iklan adWords akan dimaksimalkan dari sisi nilai mutu atau Quality Score sehingga iklan dapat tayang di posisi yang strategis.

IMG_9654

  1.     AdWords Memastikan Iklan yang Tampil Diarahkan kepada Orang Tepat

Poin keempat yang menjadi kelebihan Google AdWords ialah iklan yang ditampilkan dipastikan akan terarah kepada orang-orang yang tepat. Iklan AdWords hanya akan tampil jika kata kunci yang digunakan oleh Rekan Indopreneurs diketik oleh konsumen untuk mencari informasi. Jadi dari sini bisa dipastikan bahwa orang-orang yang mencari informasi di dunia maya dan mengklik iklan adalah orang-orang yang memang sedang mencari produk yang dijual.

IMG_9674

  1.      Future is Now

Pernahkah Rekan Indopreneurs melihat film fiksi ilmiah zaman dahulu yang menyatakan bahwa dunia di masa depan akan dikuasai oleh berbagai macam teknologi tinggi? Masa depan itu adalah saat ini. Sekarang. Semenjak revolusi digital terjadi di akhir 1990-an, banyak sekali orang yang membeli domain di dunia maya karena tahu suatu saat nanti domain tersebut akan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Seiring dengan bertambahnya waktu, platform pengiklanan di dunia maya semakin lama semakin canggih. Iklan AdWords memberikan data yang akurat mengenai pencarian kata kunci yang terjadi selama beberapa bulan terakhir. Di dalam platform Google AdWords, Rekan Indopreneurs tinggal masuk ke bagian Google Keyword Planner. Dari situ rekan-rekan Indopreneurs bisa memprediksi kata kunci apa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di dunia maya.

Ketika Rekan Indopreneurs memasukkan kata kunci “mesin jahit” maka di dalam kotak diagram tersebut akan terlihat akumulasi jumlah pencarian kata kunci tersebut per bulannya. Terhitung di bulan November 2015 saja pencarian kata kunci “mesin jahit” dicari sebanyak 175.380 kali. Perlu diingat jika “mesin jahit” bukanlah kata kunci yang paling banyak dicari di dunia maya. Jadi bisa dibayangkan berapa banyak jumlah pencarian yang dihasilkan untuk kata kunci yang berada di top search.

Dengan jumlah pencarian sebanyak itu, kemungkinan besar orang yang berjualan mesin jahit akan mendapatkan inquiry atau telepon masuk dari pelanggan. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa untuk mencari mesin jahit saja, begitu banyak orang yang sudah menggunakan internet. Perilaku pasar yang sudah berubah seperti ini harus direspon dengan baik oleh para pebisnis agar tidak tertinggal dalam persaingan di era digital.

IMG_9712

  1. Kenapa menggunakan AdWords melalui Indotrading.com

  Indotrading.com mengetahui betul bahwa perusahaan skala kecil dan menengah adalah sektor yang sangat membutuhkan dukungan dan promosi untuk berkembang. Kenapa perusahaan skala kecil dan menengah membutuhkan kerja sama pengiklanan AdWords dengan Indotrading.com?

Pertama, biaya lebih murah dan iklan yang lebih efektif. Jika dibandingkan perusahaan rekan-rekan Indopreneurs harus beriklan di media koran atau radio yang belum tentu ada orang yang membaca atau mendengarnya maka iklan di AdWords menjanjikan prospek yang lebih cerah. Biaya yang harus rekan-rekan Indopreneurs keluarkan hanya berkisar antara 1,5 juta sampai dengan 10 juta rupiah untuk dapat beriklan dengan Indotrading.com. 

Kedua, hemat waktu. Rekan-rekan Indopreneurs tidak perlu untuk membuang waktu yang terlalu banyak jika beriklan bersama Indotrading.com dan Google. Kami sudah mengetahui waktu-waktu yang tepat saat dimana banyak orang sedang mencari informasi di dunia maya dan pada saat itulah mereka akan melihat iklan anda di Google. Iklan dalam bentuk kolom di media cetak memang terbilang murah namun di zaman sekarang jarang sekali ada orang yang mau melihat iklan di koran karena dianggap sudah tidak efisien lagi. Bagi kami hal ini akan membuang-buang waktu rekan Indopreneurs.  

Ketiga, hasil memuaskan. Kami memastikan bahwa prospek yang datang melihat iklan anda akan berbanding lurus dengan omset yang akan anda terima. Semakin banyak jumlah prospek yang melihat iklan anda akan semakin banyak jumlah telepon masuk yang akan berdatangan ke kantor rekan-rekan Indopreneurs. 

Keempat, dikelola oleh tim dengan sertifikasi Google. Inilah kelebihan Indotrading.com dibandingkan dengan perusahaan digital agency lainnya. Kami memiliki tim yang sudah ditraining langsung oleh Google untuk dapat melayani kebutuhan dan memberikan konsultasi yang baik kepada setiap konsumen.

Kelima, dukungan langsung dari Google. Selaku Google Premier Partner membuat Indotrading.com mendapatkan dukungan langsung dari Google untuk kebutuhan yang diperlukan oleh rekan-rekan Indopreneurs.

Keenam, investor dari luar negeri. Indotrading.com merupakan salah satu perusahaan yang dinyatakan layak untuk diinvestasikan oleh investor asing. Saat ini Indotrading memiliki sokongan dana dari beberapa investor terkenal di bidang IT diantaranya adalah Rebright Partners, Golden Gate Ventures, dan Convergence Ventures. (leo/editor: erlin)