Insight

Kamu yang Percaya Mandi Air Hangat Bisa Bikin Badan dan Pikiran Tambah Segar Harus Paham Perbedaan Water Heater Listrik, Gas, dan Solar

Siapa yang bisa menolak mandi pakai air hangat? Apalagi kalau mandinya sepulang kerja setelah menghadapi jalanan yang macet di mana-mana. Memang tak bisa dielakkan, mandi dengan air hangat bisa sukses membuat capek-capek di badan jadi hilang dan pikiran kembali tenang. Beban pekerjaan yang tak habis-habis pun seolah bisa langsung hilang terkikis.

Untuk kamu yang hobi mandi dengan air hangat, water heater pasti menjadi benda yang sudah tidak asing lagi. Yup, water heater adalah sebuah alat yang dapat memproses air biasa menjadi air hangat. Dulu, water heater hanya bisa digunakan kalangan kelas atas atau mereka yang terbiasa bermalam di hotel-hotel berbintang. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, water heater sudah semakin merakyat. Buktinya, water heater tidak hanya digunakan di hotel-hotel keren bintang lima. Supaya nggak salah pilih, yuk kenali dulu perbedaan dari ketiga jenis water heater berikut ini:

  1. Water Heater Tenaga Matahari (Solar Water Heater)

water heater matahari

Sesuai namanya, water heater jenis ini memanfaatkan tenaga matahari untuk pengoperasiannya. Keuntungan mememakai water heater jenis ini yaitu kamu tidak perlu membayar biaya listrik atau gas sehingga biaya perawatannya cenderung hemat.

Meskipun begitu, kamu harus rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membelinya karena harga water heater ini berada di kisaran angka 15 sampai 17 juta rupiah. Water heater ini juga tidak bisa berfungsi maksimal jika cuaca sedang mendung atau hujan berhari-hari.

 

  1. Water Heater Tenaga Listrik (Electric Water Heater)

water heater listrik

Water heater yang menggunakan tenaga listrik ini bisa dibilang sebagai nenek moyang dari semua jenis water heater yang pernah ada. Water heater listrik ini sudah digunakan selama puluhan tahun. Jika kamu menggunakan alat ini, berarti harus mau harus menerima tagihan listrik ekstra setiap bulannya. Tapi hal itu rasanya wajar karena water heater satu ini terbilang stabil kinerjanya.

Water heater jenis ini mampu memberikan panas yang lebih konstan dibandingkan dengan water heater dengan tenaga sinar matahari karena tidak akan terganggu dengan cuaca hujan atau mendung. Mengenai harga, water heater jenis dibanderol dengan kisaran harga 3-6 juta rupiah untuk merek yang bagus.

 

  1. Water Heater Tenaga Gas (Gas Water Heater)

wasser_water_heater_508B

 

Konsep water heater gas ini sebenarnya bisa diumpamakan seperti kompor gas yang dinyalakan untuk memasak air hangat. Bedanya, water heater ini memiliki mesin yang bisa langsung disalurkan ke keran di kamar mandi.

Dibandingkan dengan water heater lainnya, jenis water heater ini dibanderol dengan harga yang paling murah yaitu berada di kisaran 980 ribu sampai 1,5 juta rupiah. Tapi perawatannya agak repot karena kamu harus rutin mengganti tabung gas saat gas sudah habis. Ada banyak water heater gas buatan China yang beredar di luar.

Sebelum memilih water heater yang cocok, jangan lupa perhatikan beberapa poin penting mulai dari harga, daya tahan atau durabilitas, biaya perawatan, hingga harga spare part-nya jika suatu saat nanti mengalami kerusakan. Jadi bagaimana, sudah tahu kan mau pilih water heater yang mana? 🙂

(leo/editor: erlin)

Artikel lainnya:

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top