Inspiration

Kaleng Bekas Made in Eni: Bernilai Ratusan Juta Hingga Tembus Pasar Australia

Kita ingin mengangkat kembali motif-motif kuno itu tidak hanya dalam bentuk kain karena dalam bentuk kain kan relatif mahal. Nah kita ingin mengaplikasikan motif-motif kain itu ke berbagai perangkat, termasuk perangkat rumah tangga, hiasan, dekorasi, dan sebagainya,” tulis pemilik Wastraloka, Eni Aryani.

Bagi sebagian orang, sampah sering dianggap sebagai barang yang tidak berharga. Namun di tangan Eni Aryani (37), sampah justru menjadi sumber pemasukan tambahan dengan omzet yang cukup besar.

Dengan hanya bermodal kaleng dan kayu bekas, Eni mampu meraup omzet hingga puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya. Ia berhasil menyulap sampah seperti kaleng dan kayu bekas menjadi barang hiasan dan kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

“Jadi Wastraloka ini usaha yang bergerak di bidang hiasan dan dekorasi rumah yang dihias oleh seni lukisan.” ujar Eni kepada indotrading.com, Jumat (28/10/2016).

Baca juga: Nur Handiyah Sulap Sampah Kulit Kerang Jadi Barang Mewah Bernilai Jutaan Rupiah

Eni mengatakan barang hiasan kerajinan tangan yang ia buat biasanya berasal dari kaleng dan kayu bekas serta memiliki ciri khas keunikan yang berbeda dari produk kerajinan tangan lainnya. Selain itu, Eni juga memberikan sentuhan berbeda pada motif dan desain agar menarik perhatian para pelanggannya.

Foto: berbagai jenis produk kerajinan tangan Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Foto: berbagai jenis produk kerajinan tangan Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Alhasil, wanita kelahiran Yogyakarta, 22 Desember 1979 ini telah berhasil membuat lebih dari 20 macam produk, misalnya kaleng kerupuk, tenong, guci tempel, vas bunga, ceret angkringan, dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya.

“Ada kotak pos, kaleng untuk tempat kerupuk dan kue, ember, pensil, ceret angkringan, siraman bunga, tenong, dan lain lain,” jelas Eni.

Meski hanya berasal dari kaleng dan kayu bekas, barang hiasan kerajinan tangan buatan Eni ternyata dijual cukup mahal yaitu dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Salah satu alasannya adalah karena semua barang hiasan kerajinan tangan dibuat sepenuhnya dengan menggunakan tangan (handmade).

Baca juga: Pernah Hidup Susah, Livienne Russellia Bangkit dan Sukses Berbisnis Kosmetik

“Mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 1,2 juta (per item). Yang paling mahal itu biasanya hiasan atau pajangan yang custom,” ucap Eni.

Ubah Barang Bekas Jadi Barang Berkualitas

Eni Aryani merintis bisnis Wastraloka sejak tahun 2014 lalu. Ia membuat berbagai macam barang hiasan kerajinan tangan yang memiliki nilai jual hingga jutaan rupiah.

Foto: beberapa produk kerajinan tangan Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Foto: beberapa produk kerajinan tangan Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Namun siapa sangka saat pertama kali bisnis ini dirintis, Eni tidak mengeluarkan modal yang cukup besar. Hal ini disebabkan karena Eni hanya memanfaatkan barang-barang bekas seperti kaleng dan kayu bekas yang sudah tidak terpakai.

banner-1-01

“Hampir sebagian besar kan kita menggunakan material nya kaleng dan seng, tapi ada juga kayu dan benda-benda lainnya yang notabene-nya sudah tidak digunakan lagi,” kata Eni.

Karena terbuat dari barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai, Eni mengaku tidak pernah merasa kesulitan mencari barang bekas. Barang bekas biasa ia dapatkan dari pabrik atau peralatan elektronik rusak yang sudah tidak terpakai.

Baca juga: Dari Pengepul Sampah Kayu, Made Kini Jadi Pengusaha Beromzet Rp 300 Juta/Bulan

Eni juga kerap mendapatkan suplai barang bekas dari para pengepul. Kebetulan di sekitar tempat tinggalnya banyak pengepul yang siap sedia memasok barang-barang bekas secara rutin kepadanya.

Foto: produk Wastraloka yang terbuat dari kaleng bekas/ Dok: indotrading.com

Foto: produk Wastraloka yang terbuat dari kaleng bekas/ Dok: indotrading.com

“Kebetulan semua sumber daya itu ada di sekitar kita. Di daerah kami itu isinya adalah pengrajin semua. Jadi bahan-bahan bekas untuk bahan material ini ada semua dan mudah didapat. Bahan seperti seng dan kaleng ada pengepulnya sendiri juga,” papar Eni.

Setelah terkumpul, barang bekas tersebut kemudian dipilih dan dibersihkan. Kemudian barang bekas kembali masuk ke tahap sortir hingga dirancang menjadi sebuah barang hiasan baru oleh para pengrajin.

Eni juga menambahkan beberapa kreasi motif gambar unik di setiap barang hiasan kerajinan tangan yang ia buat. Misalnya motif batik, bunga, sampai angsa yang terkesan eksotik.

Baca juga: Gitar Batik Buatan Guruh: Dipakai Gitaris Terkenal Sampai “Terbang” ke 5 Negara

“Kaleng kita ambil sisa-sisa dari pabrik, seperti kulkas. Dari sisa itu kita ada pengrajin untuk membentuknya, dari desain kita sendiri juga ada, dari desain yang sudah jadi atau sudah umum juga ada, misalnya kaleng kerupuk kan desain umum, tapi kita modifikasi, bagaiamna kaleng itu bisa beda dengan kaleng yang lain. Nah setelah desain kaengnya suda jadi, kita membat cat dasar putihnya,” tuturnya.

Foto: produk-produk Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Foto: produk-produk Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Eni mengklaim barang kerajinan tangan buatannya memiliki kualitas yang cukup tinggi meski sebagian besar dibuat dari barang-barang bekas. Agar berkualitas dan barang tahan lama, Eni menggunakan cat akrilik. Penggunaan cat akrilik diperlukan terutama agar barang kerajinan tangan miliknya bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Yang kita gunakan adalah cat akrilik. Sebenarnya cat tapi berbasis air dan dicampurnya juga pake air, cat akriik itu tidak mudah terhapus. Setelah itu kita sketch dan kita warnai dengan cat akrilik tadi kemudian di-coating agar ngunci, agar tidak luntur, dan kena panas pun masih aman,” ujar Eni.

Dengan Modal Rp 5 Juta Mampu Raup Omzet Hingga Ratusan Juta

Pada saat bisnis Wastraloka berdiri di tahun 2014, Eni mengaku hanya menggelontorkan modal sebesar Rp 5 juta. Modal tersebut sebagian besar digunakan untuk membeli bahan baku berupa barang bekas serta cat akrilik yang digunakan sebagai pewarna.

“Saya waktu itu mengeluarkan modal awal sebesar Rp 5 juta,” ujar Eni.

Baca juga: Jualan Furniture dari Kayu Bekas, Andra Raup Omzet Rp 12 Miliar/Tahun

Foto: produk-produk Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Foto: produk-produk Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Dengan modal tersebut, Eni berhasil membuat berbagai macam kerajinan tangan yang memiliki nilai jual hingga jutaan rupiah. Misalnya kaleng kerupuk, tenong, guci tempel, vas bunga, ceret angkringan, dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya.

Setelah berjalan satu tahun, usahanya terus berkembang. Permintaan barang kerajinan tangan miliknya terus mengalami peningkatan setelah Eni membangun sistem pemasaran secara online.

“Kalau tempat workshop sih di Yogyakarta. Tapi unuk pemesanan bisa melalui telepon, Whatsapp, Instagram, dan website,” tambahnya.

Dengan besarnya permintaan maka tidak heran bila omzet yang didapat Eni cukup besar. Eni mampu meraup omzet hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Bila beruntung, omzet yang didapat bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Foto: produk Wastraloka yang terbuat dari kayu bekas/ Dok: indotrading.com

Foto: produk Wastraloka yang terbuat dari kayu bekas/ Dok: indotrading.com

“Kalau omzet sih naik turun. Kalau  saya mengikuti pameran omzetnya bisa mencapai puluhan juta bahkan Rp 100 juta. Kalau bulan biasa, tidak mengikuti pameran, paling di atas Rp 20 juta,” ucapnya.

Baca juga: Thomas More Soeharto: Bos ProTeam yang Sukses Ekspor Bola ke 20 Negara

Singkat cerita, produk Wastraloka semakin dikenal banyak orang. Apalagi setelah setahun menjalankan bisnis ini atau tepatnya di tahun 2015, Eni mulai mendapatkan tawaran  untuk mengikuti ajang pameran kerajinan tangan terbesar di Indonesia, Inacraft.

Eni menceritakan awalnya ia  mengalami dilema. Hal ini karena untuk bisa mengikuti ajang Inacraft 2015, ia harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untungnya, saat itu ia berhasil mendapatkan modal mengikuti Inacraft 2015 dari uang asuransi.

“Tahun 2015 tiba-tiba ada tawaran untuk ikut Inacraft. Nah untuk modal ke Inacraft itu pas kebetulan uang saya dari asuransi cair. Jadi bisa digunakan untuk modal ke Inacraft.  Kan modal untuk pameran Inacraft secara mandiri tidak sedikit, sekitar belasan juta. Itu pas saya diajak pas ada permintaan produk dari customer,” papar Eni.

Foto: produk-produk Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Foto: produk-produk Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Eni mengaku beruntung bisa mengikuti ajang Inacraft 2015. Bagi Eni ajang Inacraft 2015 dapat membantu dirinya membuka pasar kerajinan tangan yang jauh lebih luas. Namun saat mengikuti ajang ini, Eni mengaku ada sedikit kendala teknis.

“Kita sebenarnya kesulitannya itu akses penyelenggaranya. Kalau awal-awal sebagai pemula atau pengusaha-pengusaha startup lebih ke informasi persyaratannya. Inacraft kan ada saratnya seperti harus jadi anggota ASEPHI (Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia),” jelas Eni.

Sukses Diekspor ke Pasar Jepang Hingga Australia

Setelah dua tahun menggeluti bisnis barang kerajinan tangan Wastraloka dan mendapatkan omzet yang cukup besar, Eni mengaku ingin lebih fokus menggarap bisnisnya. Wanita yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta ini berniat ingin mengundurkan diri dari perusahaannya saat ini.

“Saya sampai sekarang masih kerja kantoran juga dan tengah proses untuk resign karena ingin fokus ke usaha saya,” tegas Eni.

Baca juga: Anniesa Hasibuan: Desainer Ternama yang Sempat Jualan Pulsa dan Hamburger

Foto: produk-produk Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Foto: produk-produk Wastraloka/ Dok: indotrading.com

Sementara itu ketika ditanya mengenai lokasi produksi Wastraloka, Eni mengatakan ia memiliki tempat workshop kerajinan tangan yang berpusat di kota Yogyakarta. Namun, Wastraloka juga memiliki sebuah galeri pemasaran di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Dari berbagai macambarang kerajinan tangan yang dihasilkan, Eni mengatakan peminat produknya di dalam negeri cukup beragam. Pembeli tak hanya datang dari kalangan perorangan atau individu tetapi juga dari korporasi besar seperti hotel dan restoran.

Tidak hanya itu, produk kerajinan tangan Wastraloka buatan Eni pun sudah dipasarkan ke berbagai negara. Misalnya pasar Jepang dan Australia.

“Kita berusaha meraup pasar Indonesia. Kita juga sudah ada market di luar negeri, sudah ada di Australia dan Jepang. Waktu itu yang dikirim ke Jepang konsepnya adalah untuk gift. Nah kalau di Australia, kita sudah ada kerjasama dengan gallery seni di sana,” ujarnya.

Foto: pemilik Wastraloka, Eni Aryani/ Dok: indotrading.com

Foto: pemilik Wastraloka, Eni Aryani/ Dok: indotrading.com

Sedangkan dalam proses pengerjaannya, Eni dibantu oleh 8 orang pegawai. Namun jika permintaan (order) sedang banyak, Eni juga mempekerjakan 5 orang freelancer.

“Kalau untuk pengrajin kalengnya ada tiga dan ada dua orang yang freelance. Kalau untuk pelukisnya itu ada 5 orang dan 3 orang yang freelance.  Jadi kalau produksi lagi full, kita mempekerjakan freelance juga,” pungkas Eni.

Baca juga: 4 Pengusaha Ini Sulap Sampah Bekas Jadi Barang Berkelas dan Jadi Kaya Raya

Reporter: Kumi Laila   Penulis: Erlin Dyah Pratiwi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top