Economy and Business

Ingin Memulai Bisnis? Pahami Dulu 4 Key Resources Ini

Apakah rekan indopreneurs ingin mencoba sebuah bisnis baru? Mencoba bisnis baru memang gampang-gampang-susah. Namun sebelum memulai bisnis baru, ada baiknya jika rekan indopreneurs membaca beberapa tips dari para pakar bisnis. Selain mengurangi risiko bisnis, tips tersebut juga akan bermanfaat agar bisnis rekan indopreneurs tetap dapat survive.

Membangun sebuah perusahaan dari awal bukanlah pekerjaan yang mudah. Perlu modal yang tidak sedikit serta pengorbanan yang besar. Kompetensi dan konsistensi sangat diperlukan agar perusahaan dapat bertahan dan terus berkembang menjadi sebuah perusahaan yang besar di masa mendatang. Untuk membangun sebuah bisnis,ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Tim Clark, Alexander Ostewalder, dan Yves Pigneur dalam Business Model You: A One-Page Method for Reinventing Your Career mengatakan bahwa ada empat key resources yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaaan, berikut ulasannya:

Baca juga : 3 Hukum Epidemik dalam Bisnis

  1. Human (Manusia)

Gambar 307

Sebuah perusahaan tentu membutuhkan sumber daya manusia untuk dapat menjalankan roda bisnisnya. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor fundamental dalam sebuah perusahaan karena hal itulah yang menentukan maju mundurnya suatu perusahaan. Dengan memiliki kualitas pegawai yang tinggi, sebuah perusahaan akan terus tumbuh menjadi perusahaan yang besar. Sebaliknya, perusahaan yang memiliki kualitas pegawai yang pas-pasan atau bahkan di bawah rata-rata, bisnisnya hanya akan jalan di tempat atau stagnan. Selain kualitas sumber daya manusia, kuantitas sumber daya manusia juga perlu diperhatikan. Oleh karenanya, penting untuk menempatkan pegawai sesuai dengan kompetensinya dalam setiap jabatan yang sesuai di sebuah perusahaan sebagaimana prinsip the right man in the right place.

  1. Infrastructure (Infrastruktur)

Gambar 308

Untuk mendukung kinerja perusahaan dan bidang-bidang operasional lainnya, sebuah perusahaan membutuhkan dukungan dari hal-hal lain yang bersifat fisik seperti tanah, bangunan, mesin, dan kendaraan. Sebuah perusahaan pasti membutuhkan fasilitas tanah dan bangunan sebagai tempat melakukan usaha. Kedua hal itu akan mempengaruhi kenyamanan dalam bekerja yang menjadi salah satu hal yang mendorong adanya inovasi dan lahirnya ide-ide kreatif dari para pekerja. Di samping itu, performa alat-alat pendukung kerja seperti mesin juga mempengaruhi kinerja pegawai yang akan berimbas kepada perusahaan pula. Selain mesin, dukungan fasilitas kendaraan operasional juga dapat memperlancar kinerja pegawai perusahaan untuk memajukan peruhahaan ke depan.

Baca Juga : Ingin Bisnis Anda Sehat? Simak 8 Building Blocks Berikut Ini

  1. Intellectual (Kecerdasan)

Gambar 309

Kecerdasan dalam membuat inovasi merupakan sebuah aset yang tak ternilai harganya dalam sebuah perusahaan. Inovasi lahir dari orang-orang cerdas yang melahirkan ide-ide segar dan kreatif. Dengan kecerdasan, sebuah perusahaan dapat membanguns ebuah brand yang besar, sistem pengembangan perusahaan yang lebih  mutakhir, software yang canggih, dan hak paten terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

  1. Financial (Keuangan)

Gambar 310

Di awal masa berdiri, perusahaan dapat memiliki sumber daya keuangan berupa cash atau kredit. Pembiayaan untuk operasional perusahaan bisa didapatkan dari pinjaman bank atau bahkan investor. Faktor keuangan yang ada dalam sebuah perusahaan  juga menjadi penentu apakah perusahaan tersebut sehat atau tidak. Perusahaan yang baik tentu memiliki laporan keuangan yang jelas dan transparan. (erlin)

Sumber: Clark, Tim, Alexander Ostewalder, dan Yves Pigneur. 2012. Business Model You: One-Page Method for Reinventing Your Career. New Jersey: John Wiley and Sons Inc.

To Top