Economy and Business

Ingin Investasi Logam Mulia? 4 Langkah Praktis Ini Wajib Dicoba

investasi emas

Dalam hidup ini, seringkali kita dihadapkan pada pilihan yang sulit. Begitu juga dalam hal investasi, terkadang kita mengalami kesulitan untuk memilih jenis investasi yang tepat. Apakah rekan Indopreneurs pernah mengalami hal yang serupa? Sebelum menentukan pilihan investasi, sebaiknya kita mengetahui baik buruknya investasi yang akan kita pilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kita.

Logam Mulia atau emas batangan belakangan menjadi salah satu opsi investasi yang semakin dilirik. Selain tahan terhadap laju inflasi yang semakin naik dari tahun ke tahun, Logam Mulia banyak dipilih sebagai jalan investasi yang aman karena minim risiko. Selain itu, sejak tahun 2007, harga Logam Mulia cenderung naik dari tahun ke tahun dengan tingkat kenaikan rata-rata 20% setiap tahunnya. Sebagai contoh harga Logam Mulia tahun 2009 berkisar di harga 300ribuan, sementara tahun 2015 harga Logam Mulia melonjak signifikan menjadi 500ribuan per gram. Nah, bagi anda yang ingin mencoba memulai investasi Logam Mulia, berikut kami sajikan 5 langkah praktisnya berikut ini:

  1. Tentukan Tujuan Investasi

menikahLangkah pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai investasi Logam Mulia ialah menentukan tujuan investasi. Biasanya, investasi Logam Mulia diperuntukkan bagi tujuan jangka pendek hingga menengah dalam kisaran waktu 2-5 tahun. Jika anda ingin berinvestasi untuk tujuan menikah, biaya pendidikan anak, biaya umroh, biaya naik haji, atau membeli tanah, investasi Logam Mulia ini merupakan pilihan yang tepat.

Jika anda menabung uang di bank, suatu saat akan timbul godaan untuk memakai uang tersebut untuk tujuan lain yang melenceng dari tujuan utama investasi anda. Namun jika anda menginvestasikan uang tersebut untuk membeli Logam Mulia, kecenderungan menghabiskan uang untuk tujuan lain menjadi semakin kecil karena perlu waktu untuk menjual Logam Mulia. Itulah kelebihan investasi Logam Mulia.

  1. Tentukan Budget Investasi

budget investasiSetelah menentukan tujuan investasi, anda harus menentukan besaran nominalnya. Logam Mulia memiliki variasi harga yang berbeda-beda, tergantung dari berat gramnya. Semakin banyak jumlah gramnya, harga Logam Mulia akan semakin mahal. Pecahan Logam Mulia dimulai dari berat 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, dan 1000 gram. Berdasarkan info harga dari Antam pada tanggal 25 November 2015, pecahan Logam Mulia 1 gram dimulai dari harga Rp548.000,00, pecahan 5 gram dengan harga Rp2.595.000,00, dan pecahan 10 gram dengan harga Rp.5.140.000,00. Anda dapat menyesuaikan nominal Logam Mulia yang ingin anda beli sesuai dengan gaji anda. Kami menyarankan untuk mengalokasikan 30-45% dari pendapatan anda untuk berinvestasi Logam Mulia.

Baca juga: 5 Investasi Ini Cocok untuk Orang Bergaji di Bawah 5 Juta

  1. Lakukan Pengecekan Harga

harga emasBeberapa minggu sebelum membeli Logam mulia, ada baiknya jika anda melakukan survey harga Logam Mulia kecil-kecilan dengan melakukan pengecekan harga melalui google. Setiap hari, Antam selalu memberikan update harga Logam Mulia di website resminya. Dengan rajin mengecek harga setiap hari, anda akan mengetahui kecenderungan harga Logam Mulia dalam kurun waktu tersebut. Jika beruntung, anda dapat membeli Logam Mulia dengan harga yang lebih murah. Meskipun demikian, kami menyarankan untuk tidak menunda-nunda membeli Logam Mulia di harga terendah karena kadang harganya tidak dapat diprediksi. Bukankah sebaik-baiknya investasi ialah investasi yang dimulai, bukan hanya direncanakan?

  1. Belilah Logam Mulia Bersertifikat di Tempat Terpercaya

sertifikat antamSaat ini, banyak sekali perusahaan atau agen yang menawarkan investasi Logam Mulia. Namun anda harus berhati-hati karena di luar sana ada banyak investasi bodong yang berujung penipuan. Belilah Logam Mulia di tempat yang sudah jelas terpercaya seperti di Antam atau di Pegadaian terdekat. Jika ingin membeli ke Antam, anda bisa pergi ke Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia yang beralamat di Jalan Pemuda-Jalan Raya Bekasi Km. 18 Pulogadung Jakarta Utara 13010.

Baca juga : Pilihan Investasi Minim Risiko di Hari Tua

Jika tidak dapat membeli langsung ke Antam, anda juga dapat membeli Logam Mulia dari Antam lewat jalur online. Kalau anda ragu membeli via online, anda dapat membeli Logam mulia di Pegadaian. Bagi anda yang bekerja di hari Senin hingga Jumat sehingga tidak sempat ke Antam, anda dapat membeli Logam Mulia ke Pegadaian di hari Sabtu. Sama halnya seperti Logam Mulia yang dijual di Antam, Logam Mulia yang dijual di Pegadaian juga memiliki sertifikat yang berlaku secara internasional. Namun anda perlu membayar biaya margin sebesar 2,5% dari harga Logam Mulia jika ingin membelinya di Pegadaian. Bagi anda yang ingin membeli Logam Mulia dengan cara dicicil, Pegadaian juga bisa menjadi salah satu tempat yang tepat karena anda dapat mengangsur Logam Mulia selama 3 atau 6 bulan. (erlin)

 

To Top