Digital Marketing

3 Hal yang Dapat Mendatangkan Banyak Profit dari Internet

Belakangan ini digital marketing atau pemasaran secara online menjadi topik pembicaraan hangat yang sering dibahas pada setiap forum-forum bisnis di Indonesia. Apa itu pemasaran online? Bagaimana cara mengelola pemasaran online yang tepat? Apakah perusahaan saya membutuhkan pemasaran secara online? Semua pertanyaan itu akan dijelaskan melalui pembahasan berikut ini.

Digital marketing dapat diartikan sebagai cara melakukan promosi produk atau jasa melalui satu atau lebih media elektronik yang terhubung melalui internet. Hal yang paling membedakan konsep digital marketing dengan konsep tradisional marketing ialah dalam konsep digital marketing, efektivitas iklan dapat dianalisis secara langsung. Apakah iklan tersebut berjalan secara efektif atau tidak dengan melihat pada interaksi target audience terhadap iklan yang ditampilkan.

DigitalMarketing

Digital marketing dimulai pada era web 1.0  pada tahun 1993 saat munculnya pemasaran produk melalui banner website pada konten di internet. Seiring berjalannya waktu, jumlah blogger  dan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram semakin bertambah dengan disusul oleh kemunculan situs video channel seperti Vimeo dan Youtube. Kondisi ini membuat digital marketing semakin dekat dengan target audience sehingga semua pelaku pemasaran setuju bahwa ini adalah cara yang paling efektif untuk memasarkan produk.

Saat ini, digital marketing banyak dilakukan melalui 3 channel berikut ini:

  1. Social Media dan Email Marketing

social-media-marketing

Social media marketing atau pemasaran melalui media sosial beberapa tahun terakhir ini sangat populer di Indonesia. Hal tersebut salah satunya dipicu karena banyaknya pengguna mesia sosial di Indonesia. Sampai akhir tahun 2015 ini, Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai pengguna Facebook terbanyak di dunia dengan 70 juta pengguna seperti yang dilansir oleh laman statistica.com. Kelebihan dari social media marketing ini ialah kemudahan untuk membuat target iklan pada demografis tertentu seperti usia, gender, lokasi, dan interest.

Baca Juga : 10 Inovasi yang Akan Mengubah Peta Bisnis Dunia di Masa Depan

  1. Search Engine Optimization (SEO)

seo

Para pengguna internet pasti pernah menggunakan mesin pencari, baik untuk sekadar mendapatkan informasi, membeli barang, atau bahkan mencari jasa tertentu. Mesin pencari Google merupakan platform yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan memaksimalkan hasil pencarian kata kunci terkait dengan produk atau jasa, hadirnya informasi produk atau jasa perusahaan di halaman pertama sangat berpeluang bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan.

Melalui Search Engine Optimization (SEO)  hasil pencarian dapat lebih bertahan di halaman terbaik tanpa perlu menambah biaya. Hasil dari mesin pencari sendiri terbagi menjadi dua yakni hasil pencarian organik dan berbayar yang ditandai dengan logo ads. Search Engine Optmization (SEO) sendiri bekerja untuk memaksimalkan hasil pada hasil pencarian organik sehingga website  perusahaan berada di posisi atau halaman terbaik.

  1. Search Engine Marketing (SEM)

google-adwords-redwhite-1920

Search Engine Marketing (SEM) adalah fitur untuk beriklan berdasarkan kata kunci yang digunakan di mesin pencari. Kelebihan dari pengunaan SEM yaitu sangat terukurnya biaya yang dikeluarkan dan hasil yang didapat. Tidak akan ada biaya promosi yang sia-sia karena yang akan didapatkan akan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

SEM yang paling popular adalah Google Adwords seiring dengan makin banyaknya pengguna yang menggunakan Google. Adwords merupakan performance base ads sehingga biaya yang dikeluarkan berbanding lurus dengan hasil yang didapat. Biaya dihitung berdasarkahttp://www.indotrading.com/googleadword.aspx#adwordn jumlah klik yang membawa user ke website perusahaan.

Untuk menjalankan Google Adwords, ada dua faktor yang perlu diperhatikan, yaitu kualitas website dan nilai bid terhadap kata kunci yang ditargetkan. Dengan memaksimalkan kedua hal tersebut,  iklan dapat berjalan dengan  efektif dan efisien. Apabila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengoptimalkan iklan, sangat disarankan untuk menggunakan jasa digital agency yang sudah memiliki sertifikasi. Jadi, mana yang akan Anda pilih? 🙂

3 Comments

3 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    To Top