Insight

Apa itu Valve? Ketahui Jenis-jenis Beserta Fungsinya dalam Instalasi Perpipaan

jenis-jenis valve

Bagi pemilik usaha di bidang industri migas pasti tidak asing dengan istilah valve. Valve atau biasa disebut katup ini sangat berperan dalam industri migas yaitu untuk mengontrol jumlah aliran fluida. Indotrading bisa menjadi pilihan pusat distributor jual jenis-jenis valve terbaik yang memberikan produk berkualitas untuk membantu operasional industri tersebut.

Sebenarnya penggunaan valve ini tidak hanya pada industri saja, namun juga sering ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Sehingga menyebabkan valve ini cukup banyak dicari. Kini masyarakat tidak perlu bingung ketika ingin mencari distributor yang jual valve, karena sudah ada Indotrading.

Mengenal Tentang Valve Serta Fungsinya Dalam Industri Dan Kehidupan Sehari-hari

Valve ─ juga biasa disebut sebagai katup, merupakan suatu perangkat yang biasa dipakai pada sistem perpipaan. Pada umumnya, fungsi dari valve itu sendiri adalah untuk mengontrol, mengatur, dan mengarahkan laju cairan atau fluida yang mengalir pada pipa. Caranya dengan membuka, menutup seluruh atau sebagian dari aliran fluida itu sendiri.

Khusus untuk industri minyak, atau migas peran dari valve ini cukup besar. Pada industri ini, valve dibutuhkan dalam proses pengaliran bahan fluida menuju kolom destilasi. Selain itu valve juga berperan sebagai alat pengontrol pengapian dalam tungku. Sebegitu pentingnya peran dari valve pada industri tersebut.

Sehingga pelaku industri migas tentu perlu mencari pusat distributor yang jual valve terbaik. Karena jika valve ini dipilih secara serampangan, bisa dikatakan industri migas tidak bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya di bidang industri saja, valve juga banyak ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Valve paling umum ditemukan dalam penggunaan sistem pipa air dalam rumah, yaitu kran. Contoh lain dalam pengaplikasian valve adalah katup untuk kontrol gas pada kompor, katup kecil yang biasa ditemukan pada kamar mandi dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Valve

Di pasaran ada banyak jenis-jenis valve. Beberapa jenis tersebut disesuaikan dengan karakteristik dan cara kerjanya masing-masing sehingga turut mempengaruhi penggunaannya. Berikut apa saja jenis-jenis dari valve atau katup yang bisa diketahui :

1. Gate Valve

jenis-jenis valve

Salah satu jenis valve yang cukup banyak dicari. Desain gate valve ini dibuat sebagai pembuka dan penutup aliran dengan cara tertutup rapat atau terbuka penuh. Maka bisa dikatakan valve ini hanya mampu bekerja membuka dan menutup saja.

Oleh sebab itu, penggunaan valve ini tidak disarankan dalam penggunaan untuk mengontrol debit aliran. Hal ini karena valve jenis ini tidak akan berjalan efektif dan kurang akurat untuk mengatur besarnya volume aliran liquid dalam pipa.

2. Plug Valve

jenis-jenis valve

Secara umum, plug valve ini punya fungsi yang sama dengan gate valve. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menutup dan membuka aliran secara keseluruhan. Namun, khusus untuk plug valve ini banyak diaplikasikan dalam sistem kontrol aliran gas. Contoh paling umum adalah penggunaan dalam sistem transportasi gas melalui pipa.

3. Ball Valve

jenis-jenis valve

Selanjutnya ada jenis ball valve. Khusus untuk valve jenis ini banyak dioperasikan untuk fluida dengan temperatur -450 hingga -500 derajat fahrenhait. Ball valve ini tergolong tipe quick opening valve. Dalam penggunaannya hanya perlu ¼ putaran saja dari posisi terbuka atau tertutup penuh.

4. Globe Valve

jenis-jenis valve

Dalam sistem aplikasi globe valve ini, aliran dalam valve akan berubah arah. Kondisi ini akan menghasilkan friksi yang cukup besar meskipun valve dalam posisi terbuka lebar. Penggunaan volve jenis ini sangat penting terutama untuk penutupan rapat pada aliran gas.

5. Needle Valve

jenis-jenis valve

Pengaplikasian velve jenis ini banyak direkomendasikan untuk meter line service, gage, dan instrument. Terutama untuk proses throttling karena sangat akurat, dan dapat digunakan dalam kondisi temperatur serta tekanan yang tinggi.

6. Diaphragm Valve

jenis-jenis valve

Kelebihan valve jenis ini adalah menghasilkan aliran yang tenang dan fluida yang mengalir akan lancar tanpa hambatan. Pada umumnya valve jenis ini banyak dipakai untuk fluida dengan karakteristik seperti korosif, viscous material, sludges, serta solids suspension.

7. Butterfly Valve

jenis-jenis valve

Desain valve ini cukup sederhana dan sering dipakai untuk aliran dengan kekuatan rendah. Karena punya desain sederhana, saat dipakai untuk mengontrol aliran maka untuk membuka dan menutup penuh hanya butuh ¼ putaran saja.

8. Check Valve

jenis-jenis valve

Sengaja didesain untuk mencegah terjadinya aliran balik dalam pipa. Ada beberapa jenis dari check valve. Mulai dari lift check, swing check, serta ball check.

9. Pressure Relief Device

jenis-jenis valve

Biasa disebut juga dengan safety valve, karena penggunaannya untuk mencegah terjadinya tekanan berlebihan pada sistem perpipaan. Valve jenis ini juga dipakai untuk mencegah terjadinya kerusakan peralatan.

10. Pressure Reducing Valve

jenis-jenis valve

Merupakan jenis valve yang berfungsi untuk menjaga supaya tekanan dalam sistem pipa selalu konstan. Valve ini bekerja dengan menurunkan tekanan dari sumber dengan tekanan paling tinggi

11. Traps Valve

jenis-jenis valve

Jenis valve yang berfungsi untuk membuang kondesat yang asalnya dari sistem perpipaan steam. Tanpa harus ada steam yang harus terbuang. Untuk jenis valve ini ada 3 macam. Mulai dari float trap, bucket trap, hingga inverted trap.

Baca juga: Mengenal Conveyor System, Mesin Fungsional Penunjang Kegiatan Industri

Itu tadi beberapa jenis dari valve. Berbeda jenis, tentu beda juga penggunaannya. Bagi yang membutuhkan, Indotrading sebagai tempat jual valve terbaik akan memberikan rekomendasi yang tepat dalam memilih jenis valve sesuai kebutuhan. Indotrading menjadi pilihan terbaik ketika ingin mencari valve yang bermutu untuk kegiatan industri maupun kebutuhan sehari.

 

To Top