7 Ide Bisnis Start-up yang Menarik dan Layak Dilirik

Demam startup tengah merebak di kalangan masyarakat Indonesia. Sekarang pilihannya ada pada kita: hanya sekadar menjadi penikmat atau justru menjadi pemain di dalamnya?

Beberapa tahun terakhir, perkembangan dunia teknologi, khususnya dalam bidang bisnis start-up menunjukkan peningkatan yang signifikan. Antusiasme masyarakat terhadap start-up juga terlihat cukup tinggi. Terlebih lagi, munculnya beberapa tren start-up di beberapa negara diakui banyak memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini tentunya tak terlepas dari peranan generasi milenial yang menjadi penggerak utama bisnis startup di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Anak muda memang kental dengan nuansa yang kreatif, inovatif, dan dinamis. Oleh karenanya, tak mengherankan banyak perusahaan start-up di berbagai belahan dunia yang banyak didominasi oleh anak muda.

Jika Anda berminat terjun ke dalam bisnis start-up, namun masih bingung mencari ide bisnis yang menarik, 7 ide di bawah ini layak untuk Anda lirik:

  1. Startup Konsultan Human Capital

human capitalZaman globalisasi dan era Masyarakat Ekonomi ASEAN membuat kebutuhan tenaga kerja berkualitas terus meningkat. Bisa dibayangkan dalam beberapa tahun kedepan akan banyak pekerja dari luar negeri yang berdatangan dan bersaing dengan para pekerja dari dalam negeri. Keterbatasan pengalaman perusahaan dalam negeri untuk menyeleksi pekerja asing secara tidak langsung turut memunculkan peluang bisnis yang patut dicoba.

Para pekerja asing yang akan datang ke sini nanti pasti memiliki budaya dan bahasa yang berbeda dengan kita sehingga. Lalu, mengapa tak mencoba untuk menyediakan jasa rekrutmen sumber daya manusia? Bisnis ini cukup menjanjikan dan akan lebih tepat dilakukan oleh orang yang sudah lama terlibat dalam kegiatan industry, terutama yang memiliki spesialisasi dalam bidang manajemen dan psikologi.

Jika startup Anda ingin segera mendapatkan banyak anggota dalam waktu singkat, buatlah startup ini sebagai wadah komunitas online bagi para tenaga di bidang human capital. Startup bukan hanya sekadar mengutamakan untung-rugi. Semakin memiliki banyak anggota dan memberikan banyak manfaat, startup Anda pasti akan mampu bertahan, bahkan berkembang.

Baca juga: 7 Perusahaan Raksasa Indonesia yang Berinvestasi di Bidang Start-up

 

  1. StartUp Konsultan Pajak

tax consultantSebagai warga negara Indonesia yang baik, kita diwajibkan membayar berbagai macam pajak dalam jangka waktu tertentu. Begitu pula dengan perusahaan-perusahaan yang ada di negara kita. Setiap tahun, semua perusahaan diwajibkan membuat laporan pajak kepada negara. Oleh karenanya, dibutuhkan tenaga-tenaga konsultan pajak yang mampu memberikan solusi pajak kepada perusahaan.

Peluang membangun bisnis startup di bidang konsultan pajak ini sangat potensial karena masih sangat jarang ditemukan. Terlebih lagi, di Indonesia tidaklah sulit untuk mencari akuntan-akuntan yang andal atau sudah memiliki sertifikasi profesi akuntan internasional. Bisnis ini diprediksi dapat berkembang maksimal jika memiliki basis komunitas yang kuat.

 

  1. StartUp Aplikasi untuk Anak-Anak

app for kidsDunia anak tak terlepas dari dunia bermain. Semua anak memiliki kecenderungan yang sama, yaitu sama-sama suka bermain, namun ada perbedaan cara bermain yang cukup mencolok pada anak-anak yang lahir di era sebelum tahun 2000-an dan sesudah tahun 2000-an. Anak-anak yang lahir setelah tahun 2000-an cenderung terbiasa menggunakan gawai sejak usia 6-7 tahun. Berbeda halnya dengan anak-anak yang lahir di tahun 90-an ke belakang yang baru mengenal gawai ketika mereka beranjak remaja atau menjelang dewasa.

Keterlibatan anak-anak masa kini dalam penggunaan gawai ini dapat menjadi inspirasi bagi bisnis start-up. Anda bisa menyisipkan aplikasi bertema pendidikan dan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan anak terhadap kedua hal tersebut. Orangtua amna yang tidak ingin melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas?

 

  1. StartUp Desain Rumah

home designBisnis yang berkaitan dengan bidang properti memang tidak ada matinya. Jasa desain rumah sudah banyak ada di Indonesia, tetapi belum banyak yang menjadikannya sebuah bisnis startup digital. Jika ingin mendapatkan pangsa pasar yang besar, peluang bisnis ini layak Anda pilih.

Anda bisa menjual berbagai macam desain rumah dan memberikan kualifikasi mulai dari model desain rumah, warna, ukuran, dan lain sebagainya. Jika ingin melalukan penelitian kecil di awal bisnis, Anda dapat melakukan pencarian di Google Keyword Planner. Di sana, Anda akan menemukan banyak sekali jumlah pencarian yang berkaitan dengan jasa desain rumah. Cukup menjanjikan bukan?

Baca juga: 7 Kiat Memastikan Kesuksesan Saat Memulai Sebuah Bisnis

 

  1. Startup Konsultasi Kesehatan

konsultasi kesehatanKesehatan merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting dalam kehidupan manusia. Agar bisa selalu sehat, banyak orang mengikuti kelas-kelas olahraga, mengonsumsi suplemen kesehatan, hingga melakukan berbagai perawatan dan konsultasi ke dokter meski menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Namun, tahukah Anda bahwa banyak orang yang ingin berkonsultasi dengan dokter di luar jam praktek rumah sakit?

Tingkat kesibukan yang tinggi hingga masalah aksesibilitas untuk sekadar berkonsultasi dengan dokter dapat dijadikan ide bisnis untuk start-up. Anda juga dapat menambahkan tips-tips kesehatan yang lengkap untuk dapat menarik konsumen. Cobalah untuk merangkul organisasi dan komunitas dokter di Indonesia. Perlu diingat bahwa bisnis ini adalah bisnis pelayanan masyarakat. Jadi, jangan hanay berpikir untung-rugi. Utamakan juga kepuasan dari para konsumen Anda nantinya.

 

  1. Startup Translator/Interpreter

translatorDi era globalisasi ini, kebutuhan akan jasa penerjemah semakin meningkat. Selain di bidang akademis, jasa penerjemah juga dibutuhkan dalam industri penerbitan, kepentingan dokumen atau surat berharga, hingga hubungan diplomatik antarnegara. Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) nantinya mungkin juga akan memberikan dampak yang signifikan bagi bidang bisnis ini.

Anda dapat membuat start-up di bidang ini dengan menghimpun para penerjemah yang membutuhkan pekerjaan. Cobalah untuk merangkul organisasi yang berkaitan dengan bidang ini, misalnya seperti Himpunan Penerjemah Indonesia. Anda juga dapat bekerja sama dengan institusi-institusi pendidikan yang memiki jurusan bahasa asing. Dengan demikian, startup Anda akan diisi oleh para penerjemah yang berkualitas.

 

  1. Startup International Shipping

export importSejak zaman kerajaan ratusan abad silam, Indonesia sudah terkenal sebagai negara yang malakukan transaksi perdagangan lintas negara. Setiap harinya, ada begitu banyak barang yang keluar dan masuk melalui berbagai pelabuhan di Nusantara. Hingga saat ini, kegiatan ekspor-impor yang dilakukan oleh pemerintah dan pengusaha pun masih gencar dilakukan.

Ada begitu banyak pedagang dan pengusaha di Indonesia yang memiliki barang atau komoditas ekspor, namun tak mengetahui cara dan mekanisme dalam melakukan ekspor dan impor. Mengapa tak mencoba membuat startup yang dapat membantu kegiatan ekspor-impor?

Anda dapat membuat aplikasi tentang tahapan proses ekspor-impor atau tracking perjalanan barang ekspor-impor. Aplikasi tracking barang ini berguna untuk memantau apakah barang yang dikirim sudah sampai di tujuan atau belum. Anda juga bisa menjadi perusahaan penghubung antara pengirim barang dan penerima. Tertarik mencoba?

Baca juga: 6 Strategi Perusahaan Besar agar Berhasil Lolos dari Kebangkrutan

0 Comments Lihat semua →


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *